Ini Tema Materi Khotbah Jumat yang Akan Disusun Kemenag

Rosmha Widiyani - detikNews
Rabu, 21 Okt 2020 18:15 WIB
Salat Jumat masih diselenggarakan di berbagai masjid di Malaysia. Meski begitu ada penyesuaian yang dilakukan diantaranya persingkat khotbah dan memakai masker.
Foto: AP Photo/Vincent Thian/Ini Tema Materi Khutbah Jumat yang Akan Disusun Kemenag
Jakarta -

Kemenag akan menyiapkan materi khotbah Jumat yang bisa menjadi rujukan pendakwah. Program ini masih dalam tahap perencanaan dan pembahasan bersama tokoh agama, ormas, serta akademisi.

"Ini juga menjadi bagian dari fasilitasi kita dalam meningkatkan literasi masyarakat terkait isu-isu aktual dalam perspektif keagamaan," kata Dirjen Bimas Islam Kamaruddin Amin, dalam rilis yang diterima detikcom, Rabu (21/10/2020).

Salah satu tema pilihan dalam program penyiapan khotbah Jumat adalah pengarusutamaan moderasi beragama. Tema keagamaan misal ubudiyah dan amaliah, juga mendapat tempat dalam program penyiapan khotbah Jumat.

Tentunya tema sosial, ekonomi, pendidikan, dan kebudayaan Islam tidak luput dari pembahasan di program tersebut. Beberapa tema ini dinilai signifikan untuk kehidupan dan dibahas menjadi naskah khotbah Jumat

Kamaruddin mengatakan para penyusun akan merumuskan lebih dulu kebutuhan pesan keagamaan masyarakat. Selanjutnya pesan keagamaan kontemporer tersebut dituangkan dalam rumusan tema khotbah Jumat bersama-sama.

"Proses penyusunan naskahnya juga akan dilakukan tokoh agama dan akademisi yang biasa berdakwah dan menyampaikan khotbah," kata Kamaruddin.

Menurut Kamaruddin, program penyiapan khotbah Jumat memperkaya materi dengan isu-isu kontemporer. Hasilnya pesan dan wawasan publik terkait isu aktual dari sudut pandang agama akan terus meningkat.

(row/erd)