Peras Pengemis Disabilitas, 3 Oknum Satpol PP Batam Jadi Tersangka

Chaidir Anwar Tanjung - detikNews
Rabu, 21 Okt 2020 14:52 WIB
Direktur Reskrimum Polda Kepri Kombes Arie Dharmanto
Direktur Reskrimum Polda Kepri Kombes Arie Dharmanto. (Dok Polda Kepri)
Batam -

Polda Kepri menetapkan tiga oknum anggota Satpol PP Batam sebagai tersangka terkait dugaan pemerasan pengemis disabilitas. Empat orang lainnya yang sempat diamankan dilepaskan karena dinilai tidak terlibat pemerasan.

"Hasil pemeriksaan kita, akhirnya kita menetapkan tiga orang tersangka. Selebihnya kita bebaskan, karena mereka tidak ikut keterlibatan dalam aksi dugaan pemerasan tersebut," kata Dir Reskrimum Polda Kepri, Kombes Arie Dharmanto, saat dimintai konfirmasi, Rabu (21/10/2020).

Arie mengatakan ketiga tersangka itu belum ditahan. Dia menyebut pihaknya bakal melihat lebih dulu apakah ketiganya kooperatif atau tidak dalam proses hukum.

"Belum (ditahan), masih kita pastikan apakah kooperatif atau tidak," kata Arie.

Ketiga orang itu disebut mengaku uang hasil pemerasan sudah mereka habiskan. Aksi ini sempat viral di media sosial.

"Ketika kita tanyakan soal barang bukti uang hasil pemerasan, ketiga tersangka mengaku uangnya sudah mereka habiskan," kata Arie.

Sebelumnya, Polisi menangkap tujuh oknum anggota Satpol PP Kota Batam karena diduga memeras pengemis. Mereka diduga melakukan pemerasan dengan modus menangkap para pengemis lebih dulu.

"Iya, oknum Satpol PP Pemkot Batam kita tangkap tujuh orang. Awalnya tadi pagi empat, barusan sore ini kita tangkap lagi tiga orang," kata Direktur Reskrimum Polda Kepri Kombes Arie Dharmanto kepada detikcom, Selasa (20/10).

Lihat juga video 'Aksi Oknum Polisi Sabhara di Bali Peras Turis Rp 1 Juta':

[Gambas:Video 20detik]



(cha/haf)