Pilkada Solo: Gibran Janji Kuatkan Ideologi Pancasila, Bajo Ingin Hapus Zina

Marlinda Oktavia Erwanti - detikNews
Rabu, 21 Okt 2020 14:16 WIB
Dua pasangan calon (paslon) Pilkada Solo mengikuti tahapan pengundian nomor urut. Gibran Rakabuming Raka-Teguh Prakosa mendapatkan nomor 1, Bagyo Wahyono-FX Supardjo mendapatkan nomor 2.
Pilwalkot Solo (Foto: Agung Mardika/detikcom)
Jakarta -

Pilkada Solo diwarnai pertarungan antara putra Presiden Joko Widodo (Jokowi), Gibran Rakabuming Raka melawan calon independen Bagyo Wahyono. Adu visi misi hingga program kerja pun dilakukan keduanya demi menggaet calon pemilihnya di Surakarta.

Dilihat dari dokumen visi misi yang diterima detikcom, Rabu (21/10/2020), baik Gibran dan pasangannya Teguh Prakosa maupun Bagyo Wahyono dan FX Supardjo (Bajo) sama-sama ingin menjadikan Solo sebagai kota budaya.

Gibran-Teguh dengan visi 'Mewujudkan Surakarta Sebagai Kota Budaya Yang Modern, Tangguh, Gesit, Kreatif dan Sejahtera'. Bajo dengan visi misi menjadikan Kota Solo mempunyai harkat dan martabat sebagai kota budaya, kota santun, dan kota yang gemah ripah loh jinawi, tata titi tentrem kerta raharja.

Berikut misi dan program kerja keduanya:

Gibran-Teguh

Pasangan calon (paslon) nomor urut 1 ini memiliki 7 misi. Misi pertama, memastikan kasus COVID-19 di Solo tak meningkat dan memberikan rasa aman ke seluruh warga. Kedua, masyarakat harus bisa melangsungkan kehidupan ekonominya sesuai dengan tatanan baru.

Ketiga, Gibran-Teguh memiliki misi memajukan tata ruang, pariwisata dan pelestarian budaya untuk kemajuan kota. Misi keempat, meningkatkan kepemimpinan pemuda di bidang ekonomi, seni budaya, dan olah raga.

Misi kelima mengembangkan semangat gotong royong dan kebhinnekaan. Keenam, mewujudkan kemakmuran dan kesejahteraan bersama warga kota. Terakhir, mewujudkan pola kerukunan antar umat beragama yang saling menghormati.

Untuk mencapai visi dan misinya, Gibran-Teguh pun memiliki 8 program prioritas. Program prioritas tersebut yaitu:

1. Bangkit dari pandemi COVID-19 (Memfasilitasi pelaku UMKM, memperoleh fasilitas restrukturisasi kredit, pemberian sarana usaha akibat terdampak COVID-19, dll)
2. Pendapatan daerah dan pembiayaan pembangunan (Evaluasi sumber pajak dan retribusi daerah untuk meningkatkan kapasitas pelayanan daerah, dll)
3. Pendidikan dan kesehatan (Pengembangan budi pekerti dalam rangka pembinaan akhlak termasuk etika dan estetika sejak dini di kalangan peserta didik, meningkatkan kuantitas dan kualitas layanan kesehatan, dll)
4. Pariwisata dan industri kreatif (Memfasilitasi pelaku sektor pariwisata dan industri kreatif dalam pelaksanaan protokol new normal agar dapat bangkit kembali dan membantu keringanan pajak daerah, dll)
5. Tata ruang dan infrastruktur (Pembenahan dan penataan kawasan strategis budaya dan pariwisata, bantuan rumah tidak layak huni (RTLH) dan bantuan sertifikasi proda, memperbaiki transportasi publik, dll)
6. Investasi kebudayaan (Penguatan usaha pertunjukan, memastikan tempat budaya bisa bertahan dan menyokong kelangsungannya, dll)
7. Kepemudaan dan kesetaraan gender (Penguatan ideologi Pancasila dan karakter budaya bangsa di kalangan muda, dll)
8. Kerja sama Solo Raya (Penyediaan air baku dari Waduk Gajahmungkur, dll)

Simak juga video 'KPU Tetapkan Gibran-Teguh dan Bajo Paslon Pilkada Solo':

[Gambas:Video 20detik]



Selanjutnya
Halaman
1 2