Pilkada Solo

Debat Perdana Gibran Vs Bajo Bakal Digelar 6 November

Bayu Ardi Isnanto - detikNews
Senin, 19 Okt 2020 20:03 WIB
Dua pasangan calon (paslon) Pilkada Solo mengikuti tahapan pengundian nomor urut. Gibran Rakabuming Raka-Teguh Prakosa mendapatkan nomor 1, Bagyo Wahyono-FX Supardjo mendapatkan nomor 2.
Tahapan pengundian nomor urut Pilkada Solo 2020. (Foto: Agung Mardika/detikcom)
Solo -

Debat terbuka pasangan calon (paslon) Pilkada Solo antara Gibran Rakabuming Raka-Teguh Prakosa dengan Bagyo Wahyono-FX Supardjo (Bajo) akan digelar awal bulan November depan. Dua stasiun televisi mulai berkomunikasi dengan KPU terkait hak siar penayangannya.

Ketua KPU Solo, Nurul Sutarti, mengatakan telah menentukan tanggal pelaksanaan debat pertama pada 6 November 2020 di The Sunan Hotel. Namun terkait teknis pelaksanaan, Nurul mengaku masih membahasnya.

"Tanggalnya sudah ditentukan, 6 November. Tapi ini masih harus rapat untuk teknisnya," kata Nurul saat dihubungi detikcom, Senin (19/10/2020).

Hingga saat ini ada sejumlah stasiun televisi yang sudah mengajukan diri untuk menyiarkan debat. Namun ada dua yang menyatakan kesiapannya menyiarkan debat.

"Sebenarnya ada banyak yang ingin menyiarkan, tetapi yang intens komunikasi dua stasiun televisi," ujar dia.

KPU pada awalnya berencana menyiarkan debat melalui media sosial secara langsung karena keterbatasan dana. Namun dengan munculnya sejumlah tawaran stasiun televisi, pihaknya masih mengkaji lebih lanjut. Sebab biasanya televisi menyiapkan dana untuk membeli hak siar.

"Mereka ingin menayangkan eksklusif. Kita kaji dulu masalah itu (pembelian hak siar). Kita lihat dasar hukumnya, boleh apa tidak," ujar dia.

Selain masalah hak siar, KPU Solo juga masih harus memilih sejumlah panelis dan moderator. Materi debat pun masih belum ditentukan.

Nurul mengatakan debat nantinya digelar dua kali. Debat kedua akan dilaksanakan awal Desember 2020.

"Debat kedua awal Desember, tapi belum kita tentukan. Yang pasti sebelum hari tenang kampanye," imbuhnya.

(rih/sip)