NasDem ke Desmond: Parpol Pemerintahan Jokowi Harus Kompak

Mochamad Zhacky - detikNews
Senin, 19 Okt 2020 18:50 WIB
Effendy Choirie
Effendy Choirie (Ari Saputra/detikcom)
Jakarta -

Elite Partai Gerindra Desmond J Mahesa menilai menteri yang pertama harus dicopot Presiden Joko Widodo (Jokowi) karena komunikasi publiknya buruk adalah Johnny G Plate. NasDem, sebagai partai tempat Johnny bernaung, menekankan bahwa seluruh partai koalisi pemerintah harus kompak dan tidak boleh ada yang merasa paling benar.

"Partai politik yang bergabung dalam pemerintahan Jokowi harus kompak. Tidak pantas, tidak elok saling menyalahkan, saling menyerang, apalagi bersikap sok jagoan, sok paling benar, sok paling paling yang lain," kata elite NasDem Effendy Choirie kepada wartawan, Senin (19/10/2020).

Presiden Jokowi memang menyoroti perihal komunikasi publik para menterinya. Menurut Effendy, apa yang menjadi sorotan Jokowi tepat.

Ketua Teritorial Pemenangan Pemilu Jawa 1 DPP NasDem itu menegaskan bahwa seluruh kementerian harus bersinergi. Dia menuturkan ego masing-masing kementerian harus dihilangkan.

"Perintah presiden itu pas. Memang para menteri selaku pembantu presiden harus bekerja maksimal dan menjelaskan seluruh kebijakan presiden pada tupoksinya masing-masing secara maksimal pula," tutur Effendy.

"Karena setiap kementerian saling terkait, maka mereka juga harus bersinergi. Tidak boleh jalan sendiri sendiri, ego sektoral harus diakhiri, harus kerja tim, kompak, saling menunjang, saling mendukung," imbuhnya.

Effendy juga meminta seluruh partai koalisi pemerintah menunjukkan moral yang baik. Selain itu, dia meminta untuk saling mendukung.

"Tunjukkan akhlak dan moral yang baik. Sesama pendukung pemerintahan Jokowi tunjukkan sikap mental yang baik. Saling mendukung dan memahami posisi dan peran masing-masing," ucap Effendy.

Selanjutnya
Halaman
1 2