Polisi Ungkap 2 Kasus Penjambretan Pesepeda di Menteng dalam Seminggu

Tiara Aliya Azzahra - detikNews
Minggu, 18 Okt 2020 16:23 WIB
Ilustrasi jambret
Foto: Ilustrasi jambret (Edi Wahyono/detikcom).
Jakarta -

Aksi penjambretan yang menyasar para pesepeda terjadi di kawasan Menteng, Jakarta Pusat. Dalam seminggu ini, polisi berhasil menangkap tiga orang pelaku dalam dua kasus penjambretan terhadap pesepeda.

"Dua hari ini kan kita berhasil melakukan penangkapan terhadap dua kelompok, itu sehari sebelumnya (17/10) kemarin itu, kemudian kemarinnya lagi (16/10) ada juga yang ditangkap pelaku jambret juga. Kebetulan pelakunya ini ditembak juga. Makanya nanti untuk lebih jelasnya besok ya (rilis)," kata Kanit Reskrim Polsek Menteng Kompol Gozali Luhulima saat dihubungi, Minggu (18/10/2020).

Gozali mengungkapkan bahwa penangkapan dilakukan oleh polisi dalam waktu berdekatan, yakni pada Jumat (16/10) dan Sabtu (17/10). Dalam dua kasus ini, ia mengungkapkan bahwa sempat terjadi tarik-menarik antara pelaku dengan korban yang merupakan pesepeda. Bahkan, lanjut Gozali, polisi terpaksa menembak pelaku yang berusaha melawan saat ditangkap aparat.

"Korban sama satu orang. Kalau yang ini (terbaru) suami istri lagi bersepeda. Sama-sama baru sih, Sehari sebelumnya ada yang tertangkap, sehari setelahnya yang bersepeda ini. Sama (rebut-rebutan) kan usaha juga," ungkapnya.

"Pelaku yang sebelumnya (16/10), jadi ada pelaku yang ditembak karena dia mengakui beberapa kali terus dia-nya itu pada waktu menunjukkan tempat temannya sempat melawan juga ya ditindak tegas terukur," lanjutnya.

Total ada empat pelaku penjambretan di mana tiga orang berhasil ditangkap dan satu orang sedang diburu polisi. Gozali menyebut para pelaku yang telah tertangkap mengaku sebagai residivis.

"Kalau pelaku pertama dua orang yang (baru) ini satu orang," ujarnya.

"Kalau dibilang sindikat berarti ada beberapa orang jadi satu kelompok ya, kalau sekarang kan jarang ya ada sindikat gitu. Paling ya residivis lah. Dia (pelaku) sudah mengakui skeitar 7-10 kali dia melakukan di wilayah Menteng," sambungnya.

Tonton juga 'Beraksi di Kala Pandemi, Kawanan Pencuri Sepeda di Kendari Diciduk!':

[Gambas:Video 20detik]

(gbr/gbr)