Polisi Ringkus Spesialis Pembobol Brankas Bank-Minimarket di Banyuasin

Raja Adil Siregar - detikNews
Sabtu, 17 Okt 2020 19:13 WIB
Barang bukti brankas yang dibobol pelaku
Barang bukti brankas yang dibobol pelaku (Foto: dok. Istimewa)
Palembang -

Polisi menangkap satu pelaku pembobol brankas bank dan minimarket di Banyuasin, Sumatera Selatan (Sumsel). Pelaku yang juga spesialis pecah kaca lintas provinsi ini ditangkap tanpa perlawanan.

Pelaku melancarkan aksinya pada Sabtu (12/9/2020) sekitar pukul 03.50 WIB. Pelaku bersama dua orang lainnya masuk melalui plafon minimarket.

"Pelaku beraksi dengan naik lewat plafon minimarket. Selanjutnya masuk ke dalam lewat gudang," kata Kasat Reskrim Polres Banyuasin AKP Ikang Ade saat dimintai konfirmasi, Sabtu (17/10/2020).

Di dalam gudang, pelaku berusaha membobol brankas bank yang ada di minimarket. Namun tiba-tiba alarm yang terkoneksi dengan telepon seluler kepala minimarket berbunyi.

"Alarm kepala minimarket atas nama Intan awalnya berbunyi karena terkoneksi sama HP. Dia minta rekannya yang tinggal tidak jauh dari lokasi untuk mengecek," kata Ikang.

Ketika dicek dari luar, kondisi minimarket terlihat masih tertutup, sementara pelaku yang mengetahui ada orang datang tidak lagi melanjutkan membobol brankas.

"Saat minimarket dibuka, ternyata kondisi sudah berantakan. Barang-barang, seperti kosmetik, rokok, dan yang lainnya, tidak ada lagi. Termasuk brankas bank dirusak dan alat las serta tabung gas ditinggal di lokasi," kata Ikang.

Melihat kondisi itu, kepala minimarket pun melaporkan kejadian ke Mapolsek Talang Kelapa. Keberadaan salah satu pelaku pun terdeteksi bernama Wihep Febri.

"Dari informasi yang ada, kita mulai lakukan penyelidikan. Pelaku WF kami tangkap saat sedang menginap di salah satu hotel di Palembang. Ditangkap tanpa perlawanan," kata Ikang.

Wihep diketahui merupakan bandit pecah kaca lintas provinsi. Tercatat pula beberapa kali ia beraksi di Banyuasin dan sekitarnya.

"Dia ini pemain, bandit pecah kaca sama bobol brankas di sekitaran Banyuasin dan Palembang. Pelaku lain ini sedang kami dalami," katanya.

(ras/fas)