Pintu Air Manggarai Normal Pagi Ini, 3 Ekskavator Angkat Sampah dari Sungai

Adhyasta Dirgantara - detikNews
Sabtu, 17 Okt 2020 08:12 WIB
Pintu air Manggarai terpantau normal Sabtu pagi
Pintu Air Manggarai terpantau normal Sabtu pagi (Adhyasta Dirgantara/detikcom)
Jakarta -

Pintu Air Manggarai, Jakarta Pusat, terpantau normal atau Siaga IV pagi ini. Tinggi permukaan air 575 cm.

Pantauan detikcom di Pintu Air Manggarai, Jakarta Pusat, Sabtu (17/10/2020) sekitar pukul 07.00 WIB, tinggi permukaan air 575 cm. Kondisi ini termasuk normal meski hujan deras mengguyur Jakarta pada sore hingga malam hari kemarin.

Di lokasi tampak tiga ekskavator yang disiagakan untuk mengangkut sampah dari sungai. Pengangkatan sampah ini baru dimulai sekitar pukul 07.28 WIB.

Sejumlah petugas PPSU hingga UPK Badan Air Dinas Sumber Daya Air (SDA) DKI sedang bekerja mengangkut sampah dari sungai. Sebanyak tiga alat berat atau ekskavator dioperasikan untuk mengangkut sampah yang kemudian dimasukkan ke truk yang telah disediakan.

Sejak semalam, jumlah sampah yang telah diangkat dari sungai sebanyak dua truk. Petugas memperkirakan dua truk ini cukup untuk menampung sampah sebelum dibawa ke tempat pembuangan akhir.

"Semalam memang betul jam-jam Magrib ada pengangkutan sampah dari ekskavator. Tapi karena tidak terlalu banyak sampahnya, yang diangkut juga tidak banyak, hanya dua truk," ujar pemantau UPK Badan Air, Pras, saat ditemui di lokasi.

Pras mengatakan sampah yang diangkat dari sungai belum dibuang ke tempat pembuangan akhir. Petugas menunggu sampah yang ada di sungai diangkat seluruhnya.

"Belum dibuang, truk masih stay. Tapi pagi ini kita mau bersihin sampah dengan make tiga ekskavator, yang satu lagi yang di sana mau kita tarik ke sini," tuturnya.

Diketahui, hujan mengguyur Jakarta pada Jumat sore hingga malam kemarin. Sejumlah ruas jalan dan permukiman tergenang banjir. Namun tinggi air bervariasi.

Lihat juga video 'Sampah Sebanyak 60 Truk Diangkut dari Pintu Air Manggarai':

[Gambas:Video 20detik]



(lir/lir)