Round-Up

Buka-bukaan Prabowo soal Kunjungan ke AS Hingga Lingkaran Jokowi

Tim detikcom - detikNews
Rabu, 14 Okt 2020 06:33 WIB
Ray Jordan/detikcom
Foto Momen Kedekatan Jokowi dan Prabowo: Tim detikcom
Jakarta -

Menteri Pertahanan Prabowo Subianto kini buka-bukaan mengenai kedekatannya dengan Presiden Joko Widodo (Jokowi). Prabowo juga bicara rencana keberangkatannya ke Amerika Serikat (AS) setelah mendapat undangan.

Prabowo menjelaskan tentang rencana keberangkatanya dalam wawancara khusus courtesy DPP Partai Gerindra seperti dilihat Selasa (13/10). Dalam wawancara itu, Prabowo menjelaskan dan meluruskan berbagai isu-isu tentang dirinya dan juga terkait kedekatannya dengan mantan rivalnya di Pilpres 2019, Jokowi.

Pertama, Prabowo bicara mengenai rencananya berangkat ke AS setelah mendapat undangan dan restu dari Jokowi terkait keberangkatannya itu. Jokowi, kata Prabowo, menyetujui keberangkatan Prabowo ke AS.

"Ya Amerika negara penting. Saya diundang ya, saya harus memenuhi undangan tersebut," kata Prabowo.

Walaupun perjalanan jauh sekarang pandemi COVID, tapi ya tetap kita hormati. Saya menghadap Presiden, saya lapor Presiden, 'Pak, saya dapat undangan dari Amerika Serikat'. Presiden mengatakan, 'Ya harus berangkat'. 'Ya siap'," ucapnya sambil mencontohkan percakapannya dengan Jokowi.

Dalam video itu, Prabowo juga menceritakan sosok Jokowi di matanya. Prabowo menyatakan mau bergabung ke pemerintahan Presiden Joko Widodo karena dia melihat Jokowi sebagai sosok yang mementingkan rakyat. Prabowo kemudian mengomentari lingkaran Presiden Jokowi.

"Setelah saya masuk kabinet, saya lebih lihat bagaimana beliau kerja dan saya yakin bahwa niat beliau baik. Saya bukan sok ngolor di sini atau apa, saya yakin beliau nasionalis, beliau mikirin rakyat, ya kan," kata Prabowo.

Prabowo menyebut presiden di setiap negara pasti punya bubble atau lingkaran. Prabowo menyebut maksud sebenarnya bubble ini ialah melindungi.

"Bahwa setiap pemimpin kadang-kadang, ada... kalau istilah orang Barat bubble. Setiap pemimpin itu muncul pasti ada bubble, ada lingkaran yang maksudnya melindungi. Tapi melindungi kadang-kadang juga, ya budaya orang Indonesia kan begitu kan, apa... nggak, takut memberikan laporan yang sebenarnya," kata Prabowo.

"Kedua, ada juga kadang-kadang yang menurut saya sih, suka apa ya... menggiring pemimpin untuk mengambil keputusan etcetera etcetera begitu," sebut Prabowo.

Selanjutnya
Halaman
1 2