Massa Demo Ricuh di Patung Kuda, Lalin di HI ke Monas Ditutup

Adhyasta Dirgantara - detikNews
Selasa, 13 Okt 2020 17:13 WIB
Lalin di Bundaran HI ke arah Monas ditutup pukul 16.50 WIB.
Lalin di Bundaran HI ke arah Monas ditutup pukul 16.50 WIB. (Adhyasta Dirgantara/detikcom)
Jakarta -

Massa demo di Patung Kuda, Jakarta Pusat, mulai ricuh menjelang petang. Polisi pun menutup arus lalu lintas di Bundaran HI yang mengarah ke Monas.

Pantauan detikcom di lokasi pukul 16.50 WIB, Selasa (13/10/2020), arus lalu lintas dari arah Semanggi ke Monas ditutup mulai dari Bundaran HI. Kendaraan dari arah Semanggi diputar balik di Bundaran HI, tepatnya di depan Hotel Grand Hyatt.

Arus lalu lintas di Bundaran HI dipasangi road barrier. Sejumlah aparat kepolisian juga tampak berjaga-jaga di lokasi dan melakukan pengaturan lalu lintas.

Saat ini tidak tampak ada kendaraan melintas di Bundaran HI ke arah Thamrin, Jakarta Pusat. Sementara sebaliknya, arus lalu lintas dari arah Monas menuju Semanggi tetap dibuka.

Seperti diketahui, massa di Patung Kuda mulai ricuh petang ini. Massa yang hadir setelah massa demo PA 212 dkk membubarkan diri menyulut kericuhan dengan melempar batu dan botol ke polisi yang berjaga di Patung Kuda, Jakarta Pusat. Polisi pun memukul mundur massa yang berpencar ke tiga arah.

Pantauan detikcom di Patung Kuda, Jalan Medan Merdeka Selatan, Jakarta Pusat, Selasa (13/10), polisi memukul mundur massa ke arah Bundaran HI, Jalan Medan Merdeka Selatan, dan Jalan Budi Kemuliaan. Polisi mengendarai motor dan kendaraan taktis memukul mundur massa dengan menembakkan gas air mata.

Massa pun kocar-kacir menerima tembakan gas air mata. Mereka berpencar ke tiga arah sambil tetap melempar batu dan botol ke arah polisi.

Polisi terus menembakkan gas air mata saat memukul mundur massa. Melalui pengeras suara, polisi juga mengimbau massa agar membubarkan diri. Hingga pukul 17.06 WIB, polisi masih mencoba membubarkan massa.

(mei/mei)