Polisi Akan Arahkan Massa yang Ingin Demo di DPR ke Jalan Gerbang Pemuda

Sachril Agustin Berutu - detikNews
Selasa, 13 Okt 2020 11:17 WIB
Kapolsek Tanah Abang, AKBP Raden Muhammad Jauhari
Foto: Sachril/detikcom
Jakarta -

Polisi mengatakan Gedung DPR/MPR, Jakarta Pusat, akan disterilkan dari massa. Polisi akan mengarahkan massa yang akan melakukan unjuk rasa di DPR/MPR ke Jalan Gerbang Pemuda.

"Jadi kita sterilkan. Namun kalo ada massa aksi yang mau melakukan unjuk rasa, kita akan berikan kesempatan di sekitaran Jalan Pemuda, sekitaran pintu 10 (Senayan) atau maupun (di dekat gedung) TVRI," kata Kapolsek Tanah Abang AKBP Raden Muhammad Jauhari, di depan gedung DPR/MPR, Jalan Gatot Subroto, Jakarta, Selasa (13/10/2020).

Namun, Jauhari mengatakan polisi akan melakukan tindakan persuasif terlebih dahulu bila ada massa yang datang ke gedung DPR. Polisi, lanjutnya, akan meminta massa yang ke gedung DPR/MPR membubarkan diri.

"Jadi kita anjurkan masyarakat yang untuk melaksanakan aksi, untuk diutamakan tidak melaksanakan aksi (di gedung DPR). Karena dengan melaksanakan aksi itu akan (menciptakan) berkerumun massa yang akan menyebabkan penyebaran COVID semakin meningkat. Kita anjurkan secara persuasif untuk membubarkan, balik ke rumah masing-masing," ujarnya.

"Namun kalau memang tetap memaksa (untuk menyampaikan aspirasi), tetap menyampaikan pendapat, kita akan memberikan waktu sesingkat-singkatnya untuk menyampaikan pendapat kemudian membubarkan diri," imbuh dia.

Jauhari menerangkan 5.242 personel gabungan TNI dan Polri disiagakan untuk pengamanan gedung DPR/MPR. Selain itu, ada 40 kendaraan unit taktis dan 200 sepeda motor yang disiapkan.

Selanjutnya
Halaman
1 2