Demo PA 212 dkk Hari Ini, Panser Anoa-Water Cannon Disiagakan di Gedung DPR

Sachril Agustin Berutu - detikNews
Selasa, 13 Okt 2020 09:20 WIB
Demo PA 212 dkk Hari ini, Panser Anoa-Water Cannon Disiagakan di Gedung DPR
Foto: Sachril Agustin Berutu/detikcom
Jakarta -

Persaudaraan Alumni (PA) 212 dan organisasi masyarakat (ormas) lain yang tergabung dalam Aliansi Nasional Anti Komunis (ANAK) NKRI akan menggelar demo hari ini. Aksi dilakukan terkait penolakan UU Cipta Kerja.

Pantauan detikcom, Selasa (13/10/2020) sekitar pukul 08.40 WIB, ada puluhan polisi yang melakukan penjagaan di Jalan Gatot Subroto, tepatnya di bawah flyover Jalan Gerbang Pemuda, Jakarta. Tak lama kemudian, puluhan personel TNI dan Polri yang mengarah ke flyover Jalan Gerbang Pemuda untuk melakukan pengamanan dengan berjalan kaki di trotoar.

Ketika disambangi ke depan DPR/MPR, hanya ada beberapa personel yang melakukan penjagaan. Sedangkan di dalam DPR/MPR, terdapat 5 unit water cannon dan 1 kendaraan taktis Barracuda.

Selain itu, ada 2 mobil pengurai massa (raisa) dan 4 kendaraan panser Anoa. Kendaraan-kendaraan ini terparkir di halaman depan gedung DPR/MPR.

Ada ratusan personel TNI dan Polri di halaman depan gedung DPR. Sebagian pasukan sedang melaksanakan apel.

Kondisi arus lalu lintas di Jalan Gatot Subroto ramai lancar. Kendaraan dari arah Pancoran bisa melaju tanpa adanya hambatan ke arah Palmerah.

Diketahui, demonstrasi akan dilakukan oleh PA 212 dkk pukul 13.00 WIB. Mereka menuntut penolakan UU Cipta Kerja. Selain itu, ada beberapa poin yang akan disuarakan. Di antaranya selamatkan NKRI dan kaum buruh, tolak RUU HIP/BPIP dan bubarkan BPIP, serta ganyang China komunis si dalang.

(dwia/dwia)