Pesan Mensos-Menteri LHK ke Siswa SMAN 8 Jakarta di Edufair 2020 

Tim Detikcom - detikNews
Senin, 12 Okt 2020 21:47 WIB
Menteri LHK Siti Nurbaya Bakar
Foto: Rusman - Biro Pers Sekretariat Presiden
Jakarta -

Mensos Juliari Batubara, Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) Siti Nurbaya dan 2 menteri lain memberi pesan ke siswa SMAN 8 Jakarta pada acara penutupan Edufair 2020. Para menteri berpesan agar siswa siswa tersebut tetap semangat belajar di tengah pandemi COVID-19.

"Sebagai alumni SMAN 8 Jakarta atau Smandel dan sebagai Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan, saya berpesan kepada anak-anak tercinta, bahwa di tengah pandemi COVID-19 ini, tetaplah giat belajar, buat karya-karya bermanfaat, bekerja keras dan juga langkah-langkah yang bisa diberikan saran-sarannya pada negara, dan tentu saja alam," kata Siti dalam keterangannya saat memberikan sambutan di acara penutupan Edufair 2020, Senin (12/10/2020).

Siti juga berpesan agar para pelajar menjaga hutan dan lingkungan, menjaga alam, dan menjaga negara. Selain itu Mensos Juliari yang juga alumni Smandel itu berpesan anak-anak Indonesia tetap semangat belajar, menyiapkan masa depan setinggi mungkin dan tetap berjuang walaupun masih berada dalam masa pandemi.

Mensos Juliari BatubaraMensos Juliari Batubara Foto: Dok. Istimewa

Lebih lanjut Menteri Perdagangan RI, Agus Suparmanto yang juga alumni Smandel memberi pesan pentingnya para pelajar memiliki dasar ilmu untuk mencapai cita-cita. Terutama dasar ilmu agama sehingga dapat membantu anak-anak untuk mencapai kesuksesan dengan terbentuk sebagai pribadi yang tangguh, tanggung jawab dan peduli.

Agus mengatakan ilmu dapat terjadi dimana saja tanpa dibatasi oleh ruang dan waktu, ilmu didapat dari banyak hal tidak saja didapat dari kelas. Sementara itu Menteri Kelautan dan Perikanan RI, Edhy Prabowo berpesan agar para siswa memilih jurusan dengan bijak tanpa ikut-ikutan orang lain.

"Yakinlah akan pilihan jurusan dan universitas pilihanmu tanpa mengikuti dorongan teman atau lingkungan, maupun tekanan dari orang tua, karena masa depan kalian hanya dapat diraih oleh orang yang optimis dan jadikan masa ini sebagai tonggak kalian untuk menjadi patriot bangsa membangun negara," ujar ujar Edhy.

Menteri Kelautan dan Perikanan RI, Edhy PrabowoMenteri Kelautan dan Perikanan RI, Edhy Prabowo Foto: Dok. Istimewa

Lebih lanjut, Ketua panitia Edufair, Nelly Margaretha mengatakan Edufair telah dilaksanakan sejak awal Juli dengan mengangkat tema "Strategi Menembus Perguruan Tinggi Luar Negeri dengan beasiswa" yang telah dilaksanakan sebanyak 5 sesi di Part 1. Dilanjutkan dengan Edufair Part 2 pada bulan Agustus dengan tema Alumni Talk "Mengenal Jurusan dan Karir Impianmu" yang telah ditayangkan selama 4 sesi.

Final Edufair tahun ini dilaksanakan di bulan Oktober dengan tema "Mengenal Profile dan Jurusan di PTN" yang berhasil mengundang 10 PTN terbaik dengan narasumber yang luar biasa. Langkah ini mendapat apresiasi penuh dari beberapa Menteri di kabinet Jokowi, antara lain dari Menteri.

Sementara itu Direktur Kemahasiswaan UI yaitu Devie Rahmawati yang juga merupakan alumni SMA N 8 Jakarta mengatakan, karpet merah sejarah telah digelar lama antara Universitas Indonesia dan SMA N 8 Jakarta, karena begitu banyak siswa SMA N 8 Jakarta yang telah berhasil diterima di universitas berjaket kuning ini dari tahun ke tahun.

Devie menambahkan UI sudah menerapkan kampus Merdeka Belajar dengan menempuh kuliah selama 5 semester dan 3 semester ditempuh dengan pilihan pilihan sesuai minat mahasiswanya antara lain dengan mengikuti pertukaran pelajar, magang, menjadi pengajar di suatu sekolah atau institusi, melakukan research, menjalani proyek kemanusiaan, kegiatan wirausaha, studi proyek independen maupun membangun desa atau kuliah kerja nyata tematik.

Hal tersebut dilakukan karena mahasiswa di UI diharapkan mampu mendesign langkah untuk menentukan pilihannya di kampus UI dengan menjalani 3 semester terakhirnya baik di dalam maupun luar negeri.

(yld/hri)