SMAN 8 Jakarta Gelar Edufair Daring, Dukung Siswa di Masa Pandemi COVID-19

Kadek Melda Luxiana - detikNews
Selasa, 11 Agu 2020 19:59 WIB
SMAN 8 Jakarta Gelar Edufair Daring, Dukung Siswa di Masa Pandemi COVID-19
Foto: SMAN 8 Jakarta Gelar Edufair Daring, Dukung Siswa di Masa Pandemi COVID-19 (Kadek/detikcom)
Jakarta -

SMAN 8 Jakarta Gelar Edufair Daring, Dukung Siswa di Masa Pandemi COVID-19SMAN 8 Jakarta Gelar Edufair Daring, Dukung Siswa di Masa Pandemi COVID-19 (Foto: Kadek/detikcom)

SMAN 8 Jakarta kembali menggelar kegiatan pameran pendidikan atau Education Fair (Edufair). Hari ini kegiatan tahap dua diselenggarakan secara daring melalui zoom dengan tema 'Embrance Your Future', dengan pembahasan mengenai pengenalan jurusan dan karir impianmu yang terdiri dari 4 sesi.

Edufair merupakan kegiatan kolaborasi antara SMAN 8 Jakarta dengan Forum Kerja Silaturahmi Orangtua Murid Angkatan 2021 (FORKES 21). Kegiatan diselenggarakan setiap satu tahun sekali dengan mengundang para alumni sebagai pembicara untuk memberikan informasi seputar dunia Perkuliahan dan dunia kerja baik di dalam maupun luar negeri.

Kepala Sekolah SMAN 8 Jakarta, Rita Hastuti mengatakan dengan adanya kegiatan Edufair ini, siswa kelas 12 menjadi lebih terarah untuk melanjutkan pendidikan ke Perguruan Tinggi favorit yang diminati. Sementara sekolah memberikan dukungan penuh melalui fasilitas terhadap kegiatan yang sedang berlangsung ini.

"Jadi sekolah itu memfasilitasi, memberikan informasi yang sebanyak mungkin, sehingga anak-anak terbuka wawasannya dan informasi-informasi itu kan akan mereka gunakan untuk mengambil keputusan (melanjutkan pendidikan). Nah ketika akan mengambil keputusan, kalau informasinya nggak banyak kan nggak cukup pengambilan keputusan itu. Tapi kalau informasinya banyak kan kita sudah didesain dari kelas 10 apa, kelas 11 apa, nah sekarang kelas 12 tinggal pemilihan," kata Rita di SMAN 8 Jakarta, Jalan Bukit Duri, Tebet, Jakarta Selatan, Selasa (11/8/2020).

Rita berharap agar akhir Desember mendatang, para siswa sudah fokus terhadap pilihan program studi di Perguruan Tinggi yang akan mereka ambil. Sehingga, siswa sudah dalam keadaan siap saat waktu pelaksanaan ujian tertulis untuk masuk ke perguruan tinggi tiba.

"Jadi nanti harapan kami di akhir tahun ini, di Desember itu semua peserta didik masing-masing sudah fokus di jurusan apa, di prodi apa, di perguruan tinggi apa. Sehingga tahun depan tinggal meningkatkan kompetensi ketika dia harus ujian tulis dan yang lain," ujarnya.

Sementara masih di lokasi yang sama, Ketua pelaksana Edufair, Nelly Margaretha mengatakan informasi seputar dunia pendidikan merupakan hal penting yang barus diketahui bagi para murid khususnya siswa kelas 12. Dikatakan Nelly, pemberian informasi pendidikan harus terus berjalan meski sedang dalam kondisi pandemi Corona.

"Info (pendidikan) itu kan penting, di zaman COVID jangan sampai menghalangi info-info itu kepada mereka (murid-murid). Nah makanya kita bikin Edufair seperti ini (daring)," kata Nelly.

Nelly menuturkan, selama kegiatan berlangsung, murid-murid tetap berada di rumah dan mengikuti kegiatan melalui aplikasi zoom. Dia bersama panitia juga telah mempersiapkan protokol kesehatan bagi narasumber dan beberapa panitia yang datang ke SMAN 8 Jakarta.

"Kegiatan seperti ini kan kita lakukan by zoom, yang datang juga hanya beberapa panitia itu dilakukan lengkap dengan protokol kesehatan ukur suhu, cuci tangan, berjarak. Siswanya ikutin by zoom di rumah, yang datang hanya panitia sedikit dan narasumber. Narasumber kalau dia punya waktu bisa datang ke sini kalau enggak dia bisa via online zoom seperti webinar," tuturnya.

Selanjutnya
Halaman
1 2