Kontak Senjata dengan KKSB di Sugapa, TNI Temukan 1 Senpi Laras Panjang

Saiman, Kadek Melda Luxiana - detikNews
Senin, 12 Okt 2020 18:30 WIB
Personel TNI menemukan 1 pucuk senpi laras panjang rakitan di dekat Bandara Bilorai, Sugapa, Intan Jaya, Papua, usai terjadi kontak tembak (dok Kogabwilhan III)
Personel TNI menemukan 1 pucuk senpi laras panjang rakitan di dekat Bandara Bilorai, Sugapa, Intan Jaya, Papua, setelah terjadi kontak tembak. (Dok. Kogabwilhan III)
Jakarta -

Kontak tembak antara kelompok kriminal separatis bersenjata (KKSB) dan TNI kembali terjadi di Distrik Sugapa, Kabupaten Intan Jaya, Papua. Kontak senjata terjadi di sekitar Bandara Bilorai.

"Kontak senjata antara KKSB dengan TNI. Kontak tembak terjadi sekitar pukul 17.45 WIT di dekat Bandara Bilorai Kampung Bilogai, Distrik Sugapa, Kabupaten Intan Jaya," kata Kapen Kogabwilhan III Kol Czi IGN Suriastawa melalui keterangan tertulis, Senin (12/10/2020).

Suriastawa mengatakan satuan TNI yang melakukan kontak senjata dengan KKSB merupakan personel Yonif 400 Raider. Mereka sedang bertugas melakukan pengamanan di Bandara Bolorai.

Personel TNI menemukan 1 pucuk senpi laras panjang rakitan di dekat Bandara Bilorai, Sugapa, Intan Jaya, Papua, usai terjadi kontak tembak (dok Kogabwilhan III)(Dok. Kogabwilhan III)

"Satuan ini masih melaksanakan pengamanan bandara untuk menjamin keselamatan penerbangan sipil dari ancaman KKSB yang beberapa waktu lalu sempat viral di media massa," ujarnya.

Suriastawa mengatakan personel di lapangan menemukan satu pucuk senjata laras panjang rakitan di lokasi. Selain itu, ada teleskop serta 19 butir peluru jenis kaliber campuran.

"Dari lapangan TNI mendapatkan 1 pucuk senjata laras panjang rakitan yang dilengkapi dengan teleskop, 19 butir munisi kaliber campuran (5,56 mm dan 7,62 mm)," tuturnya.

Personel TNI menemukan 1 pucuk senpi laras panjang rakitan di dekat Bandara Bilorai, Sugapa, Intan Jaya, Papua, usai terjadi kontak tembak (dok Kogabwilhan III)(Dok. Kogabwilhan III)

Lebih lanjut, Suriastawa menyampaikan pada saat kontak senjata, satu anggota KKSB dilaporkan tertembak. Namun, saat dilakukan pembersihan lokasi, anggota KKSB tersebut tidak ditemukan.

"Seorang KKSB tertembak, namun saat pembersihan di lokasi, korban belum ditemukan, kemungkinan besar diselamatkan oleh 2 orang lainnya melarikan diri. Pembersihan belum dilaksanakan secara maksimal karena kondisi di lokasi kejadian sudah gelap. Tidak ada korban dari pihak TNI," imbuhnya.

(jbr/jbr)