Pemerintah RI Bakal Temui WHO, Bahas Kerja Sama Vaksin COVID

Tim detikcom - detikNews
Senin, 12 Okt 2020 09:07 WIB
Menteri Luar Negeri Retno Marsudi menyampaikan sambutan sebelum menandatangani Nota Kesepahaman Kerja Sama Diplomasi Ekonomi untuk mendukung BUMN Go Global di Gedung Pancasila, Kementerian Luar Negeri, Jakarta, Jumat (17/7/2020). Kerja sama ini bertujuan memperkuat diplomasi ekonomi dalam mewujudkan visi BUMN Go Global yang diharapkan dapat meningkatkan nilai investasi BUMN di luar negeri dan mendorong performa ekspor Indonesia. ANTARA FOTO/Dhemas Reviyanto/pras.
Menlu Retno LP Marsudi (Dhemas Reviyanto/Antara Foto)
Jakarta -

Pemerintah Republik Indonesia yang diwakili Menlu Retno Marsudi hingga Menteri BUMN Erick Thohir akan bertemu Dirjen WHO Tedros Adhanom Ghebreyesus. Topik pertemuan membahas kerja sama vaksin virus Corona (COVID-19).

"Saya sebentar lagi bersama dengan Menteri BUMN dan Tim Kementerian Kesehatan, saya akan berangkat menuju ke London, Inggris dan kemudian dilanjutkan ke Bern dan Jenewa, Swiss. Tujuan utama dari perjalanan ini antara lain mengamankan komitmen dari sumber lain untuk vaksin COVID-19 dalam kerangka kerja sama vaksin bilateral," kata Retno seperti dikutip dari situs Kementerian Luar Negeri (Kemlu), Senin (12/10/2020).

"Kemudian tujuan yang lain adalah melakukan pertemuan dan diskusi dengan Dirjen WHO, GAVI, CEPI dalam Framework COVAX Facilities untuk membahas kerja sama vaksin dalam konteks multilateral," lanjut Retno.

Dalam waktu dekat, pemerintah Indonesia akan bertolak ke Inggris dan Swiss. Tujuan lain dalam kunjungan ke Inggris dan Swiss adalah penguatan kerja sama antara PT Bio Farma dan mitra di luar negeri soal vaksin COVID-19.

"Kemudian tujuan lain dari perjalanan ini adalah mendorong penguatan kerja sama untuk jangka menengah dan jangka panjang antara Bio Farma dengan mitranya di luar negeri termasuk sekali lagi, dalam konteks multilateral," kata Retno.

Selain dengan WHO, pemerintah Indonesia akan bertemu Menlu Inggris hingga Wakil Presiden Swiss.

"Dan selama perjalanan nanti, saya juga akan melakukan pertemuan dengan para mitra saya yaitu di Inggris dengan Menlu Inggris, sementara di Swiss adalah dengan Wakil Presiden Swiss dan beberapa perusahaan dari Switzerland," ujar Retno.

(dkp/dhn)