Cerita Warga Pasar Minggu Jaksel soal Turap Kali Ambrol Akibat Longsor

Luqman Nurhadi Arunanta - detikNews
Minggu, 11 Okt 2020 16:42 WIB
Turap Kali Sarua, Pasar Minggu, Jaksel, ambrol (Luqman/detikcom)
Turap Kali Sarua, Pasar Minggu, Jaksel, ambrol. (Luqman/detikcom)
Jakarta -

Turap Kali Sarua di Jalan Wahid, Jatipadang, Pasar Minggu, Jakarta Selatan, mengalami longsor. Warga menyebut sebetulnya longsor itu sudah terjadi seminggu yang lalu, tapi dampaknya belum terlalu besar.

"Longsornya kemarin (minggu lalu) dikit, yang banyak semalam. Akhirnya (banjir) airnya sampai muntah," kata warga yang tinggal di sebelah lokasi longsor, Musiroh (70), di Jatipadang, Pasar Minggu, Jakarta Selatan, Minggu (11/10/2020).

Musiroh menyebut longsor di turap Kali Sarua pada minggu lalu disebabkan adanya pembangunan. Lalu, hujan deras semalam kian memperparah longsor di turap kali sebelah rumahnya.

"Semalam yang banyak (longsornya). Nggak hujan siang-siang kok yang pertama longsor sebelah sono nggak hujan tiba-tiba bruk gitu aja karena itu dibangun yang atas," ujar Musiroh.

Sementara itu, Ketua RT 09 RW 03 Jatipadang, Suyat, mengatakan sudah melaporkan kejadian ke pihak kelurahan. Dalam waktu dekat, sebut Suyat, akan dilakukan pengangkatan puing-puing di bagian longsor.

Turap Kali Sarua, Pasar Minggu, Jaksel, ambrol (Luqman/detikcom)Turap Kali Sarua, Pasar Minggu, Jaksel, ambrol. (Luqman/detikcom)

"Kita sudah laporkan juga ke pihak kelurahan akhirnya tadi pagi Pak Lurah sama jajarannya sudah kontrol juga masalah ini dan kita sudah menunggu dulu untuk proses penanganan untuk pengangkatan puing-puingnya ini," ungkap Suyat.

Selain terjadi longsor, Suyat juga menyebut hujan deras turut mengakibatkan banjir setinggi 70 cm. Sebanyak 50 rumah di RT-nya terendam banjir.

"Saya kira semalam itu yang bikin banjir terlalu gede masalah kali ini kesumbat jadi ini kan longsor belum diangkat-angkat jadi akhirnya menyumbat kali Sarua ini akhirnya meluap menggenangi warga kita. Nggak lama sih mulai Subuh itu sudah mulai surut. Banjirnya kira-kira jam 20.00 mendekati jam 21.00-lah mulai banjir, Subuh mulai surut. Masalah korban warga ya alhamdulillah nggak ada. Kalau yang kebanjiran warga kita kira-kira ada 50-an rumah ada yang kebanjiran kena dampaknya," kata Suyat.

Sebelumnya, curah hujan yang tinggi di Jakarta sejak kemarin menyebabkan tanah longsor di kawasan Jatipadang, Pasar Minggu, Jakarta Selatan (Jaksel). Camat Pasar Minggu Arief Wibowo menuturkan tanah longsor itu terjadi di Jalan Wahid, Jatipadang, Pasar Minggu, Jakarta Selatan, Sabtu (10/10) malam.

Air Kali Sarua meluap hingga terjadi longsor. Saat ini, bagian longsor telah ditutup menggunakan terpal untuk mengantisipasi longsor susulan.

Tonton juga 'Kodam Jaya Turun Tangan Bantu Penanganan Longsor di Ciganjur':

[Gambas:Video 20detik]

(isa/isa)