BEM SI Bantah Airlangga Demo UU Cipta Kerja Disponsori: Sengaja Adu Domba

Danu Damarjati - detikNews
Sabtu, 10 Okt 2020 11:41 WIB
Ratusan Mahasiswa dan beberapa anak STM melakukan longmarch di kawasan Jalan Letjen Suprapto dan Jalan Kramat Pulo, Senen, Jakarta Pusat, Kamis (8/10).
Ilustrasi demonstran melakukan iring-iringan (long march), 8 Oktober 2020. (Pradita Utama/detikcom)

Sebelumnya, Menko Airlangga menyebut ada pihak yang menjadi sponsor aksi demo penolakan omnibus law UU Cipta Kerja. Menurutnya, mereka memiliki ego sektoral yang tinggi tanpa memikirkan nasib massa yang turun ke jalan.

"Sebetulnya pemerintah tahu siapa behind demo itu. Kita tahu siapa yang menggerakkan, kita tahu siapa sponsornya. Kita tahu siapa yang membiayainya," ucap Airlangga dalam wawancara dengan CNBC Indonesia TV seperti dikutip, Kamis (8/10) kemarin.

Pernyataan Airlangga Senada dengan temuan Pangdam Jaya Mayjen TNI Dudung Abdurachman. Pangdam Jaya menemukan adanya preman-preman yang datang ke Jakarta untuk melakukan demo karena ada iming-iming uang. Preman-preman itu bukan buruh dan mahasiswa. Mereka berasal dari Subang, Banten, Tangerang, dan Pamanukan.

"Itu orang-orang nggak sekolah semua rata-rata. Bukan, kalau buruh malah nggak ada justru. (Mereka) pengangguran, preman-preman. Dia itu di WhatsApp group-nya dijanjikan akan dikasih uang setelah demo selesai," ungkap Dudung kepada detikcom, Sabtu (10/10).

Halaman

(dnu/idh)