Round-Up

Duduk Perkara TNI soal Makanan-Tameng ke Massa Penolak UU Cipta Kerja

Tim detikcom - detikNews
Sabtu, 10 Okt 2020 05:30 WIB
Aparat masih berupaya membubarkan massa demo penolak UU Cipta Karya yang ricuh di Harmoni, Jakarta Pusat (Jakpus).
Foto: Dokumentasi aksi demonstrasi menolak UU Cipta Kerja (Rifkianto Nugroho/detikcom)
Jakarta -

Aksi demonstrasi menolak omnibus law Undang-Undang (UU) Cipta Kerja menyisakan cerita-cerita di media sosial yang berbumbu narasi yang belum jelas kebenarannya. Salah satunya mengenai peran serta prajurit TNI yang membantu massa mahasiswa yang saat itu berdemo.

Momentum prajurit TNI membagikan makanan ke mahasiswa saat aksi demonstrasi pada Kamis, 8 Oktober 2020 sempat viral. Pangdam Jaya Mayjen Dudung Abdurachman pun memberikan penjelasan.

"Pada saat di lingkungan Monas, anggota TNI ada juga yang dapat jatah dari pimpinan yaitu dari Mabes TNI memang kita didukung untuk jatah makan tapi ada juga dari masyarakat yang empati kepada kita juga memberikan makanan juga sehingga makanan itu berlebih," ujar Dudung mengawali penjelasannya dalam konferensi pers pada Jumat, 9 Oktober 2020.

"Nah ada mungkin anggota kita itu yang karena berlebih, ada mahasiswa saya lihat terpelajar mereka yang melakukan demo aksi damai, ada yang minta, ya mungkin ada anggota itu secara pribadi merasa iba akhirnya ngasih makanan itu, karena daripada nggak dimakan. Begitu juga ada yang ngasih air minum," imbuhnya.

Selain itu ada pula sebuah video di media sosial yang memperlihatkan marinir TNI Angkatan Laut (AL) membagi-bagikan tameng ke massa demonstrasi. Dudung menjelaskan tameng tersebut bukan dibagikan kepada para pendemo, melainkan dipindahkan ke kendaraan lain. Sebab, truk yang dipenuhi tameng itu akan digunakan untuk mengangkut mahasiswa yang tidak bisa pulang setelah ikut demo.

"Kemarin ada juga marinir setelah diimbau oleh bapak gubernur, para mahasiswa kesulitan untuk pulang, malam itu akan pulang ke Pamulang sehingga disampaikan oleh pak gubernur kemudian nanti akan diantar ke Pamulang," kata Dudung.

Selanjutnya
Halaman
1 2