Ada Demo Tolak Omnibus Law, Jalan di Depan Kantor Gubsu Ditutup

Ahmad Arfah - detikNews
Jumat, 09 Okt 2020 12:13 WIB
Demo tolak omnibus law Cipta Kerja di depan kantor Gubsu (Ahmad Arfah-detikcom)
Demo tolak omnibus law UU Cipta Kerja di depan kantor Gubsu (Ahmad Arfah/detikcom)
Medan -

Massa yang membawa bendera GMKI menggelar demonstrasi menolak omnibus law UU Cipta Kerja (Ciptaker) di depan kantor Gubernur Sumatera Utara (Gubsu). Mereka menilai UU Ciptaker merugikan pekerja hingga petani.

Pantauan detikcom di depan kantor Gubsu, Jalan Diponegoro, Medan, sekitar pukul 11.45 WIB, Jumat (9/10/2020), terlihat massa datang membawa spanduk penolakan terhadap UU Ciptaker.

Mereka berorasi di tengah jalan. Aksi mereka menyebabkan jalan ditutup dan arus lalu lintas dari Jalan Sudirman menuju Lapangan Benteng dialihkan ke Jalan RA Kartini.

"Massa GMKI menyampaikan aspirasi untuk meminta Gubernur dan Pemerintah Sumut mendengarkan keluhan tentang omnibus law. Kami menilai banyak pekerja dan petani Sumut yang terdampak dari kebijakan omnibus law ini," kata Korwil GMKI Sumut Gito M Pardede saat berorasi.

Gito meminta perlindungan dari Pemprov Sumut untuk mengajukan judicial review UU Ciptaker ke Mahkamah Konstitusi (MK). Aksi ini dijaga personel gabungan dari kepolisian dan Satpol PP.

"Kami meminta perlindungan Pemerintah Sumut untuk menyampaikan judicial review kepada MK untuk mencabut pengesahan undang-undang, omnibus law," jelas Gito.

Selain dijaga personel kepolisian, kawat berduri terlihat dipasang mengelilingi kantor Gubsu.

Selanjutnya
Halaman
1 2