Kronologi Demo di Sekitar Istana yang Berujung Ricuh

Tim detikcom - detikNews
Kamis, 08 Okt 2020 16:35 WIB
Demo Omnibus Law di Harmoni
Demo Omnibus Law di Harmoni (Luqman/detikcom)
Jakarta -

Demo di sekitar Istana Negara hari ini berujung ricuh. Massa melemparkan batu dan membakar pos polisi. Bagaimana kronologinya?

Pantauan di lokasi, Kamis (8/10/2020), massa di sekitar Istana Negara, Jakarta Pusat, terbagi di dua titik. Ada yang di Jalan Merdeka Barat dekat Patung Kuda, ada juga massa di simpang Harmoni.

Ada pula massa lain yang bergerak ke DPR RI. Namun di kawasan DPR tidak ricuh.

Saat ini massa masih bertahan di sekitar Istana Negara. Mereka dihalau polisi untuk menjauh dari ring 1.

Berikut ini kronologi pecahnya demo ricuh di sekitar Istana:

11.31 WIB

Polisi mulai menutup akses ke Istana Negara pukul 11.31 WIB. Barier dan kawat berduri mulai dipasang di area Jalan Merdeka, Jakarta Pusat.

Massa belum terlihat tiba di kawasan Jalan Merdeka Barat. polisi memasang kawat besi di sekitar gedung Sapta Pesona Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif RI. Tampak di lokasi 2 mobil water cannon disiagakan.

Polisi juga menutup Jalan Medan Merdeka Barat dari arah Istana Negara menuju Jalan MH Thamrin. Pasukan huru-hara pun disiagakan. Belum terlihat sekumpulan massa buruh ataupun mahasiswa di sekitar Patung Kuda.

12.30 WIB

Massa sekitar 200 orang datang pada pukul 12.30 WIB. Mereka membawa spanduk dan bendera Merah Putih ditambah 2 mobil komando.

Seorang orator dari mobil komando tampak terus menyuarakan protes terkait pengesahan UU Cipta Kerja.

Sekitar 20 menit kemudian, terjadi keributan antara masa dan polisi yang berjaga. Massa melempari polisi yang sedang bersiaga di salah satu gedung sekitar Harmoni.

Selanjutnya
Halaman
1 2 3