Musim Hujan Tiba, Begini Cara Hindari Tumpukan Sampah di Saluran Air

Angga Laraspati - detikNews
Rabu, 07 Okt 2020 19:02 WIB
ilustrasi sampah
Foto: shutterstock
Jakarta -

Tak terasa musim hujan sudah menghampiri berbagai daerah di Indonesia. Ketika musim hujan datang, ada satu hal yang paling ditakuti oleh masyarakat yaitu adanya bencana banjir.

Memang banjir bisa diakibatkan oleh beberapa hal, namun pelaku utama dari banjir yang kerap terjadi di beberapa daerah yang ada di Indonesia adalah tumpukan sampah. Untuk menghindari hal tersebut, tentunya diperlukan kesadaran dari masyarakat untuk dapat mengelola sampahnya agar tidak terjadi penumpukan sampah di gorong-gorong atau sungai.

Menurut CEO & Co-Founder Gringgo Febriadi Pratama, untuk menghindari banjir saat datangnya musim hujan ada 2 cara yang masyarakat bisa lakukan. Tentunya hal pertama yang paling penting adalah jangan membuang sampah sembarangan.

"Yang kedua itu adalah sebisa mungkin melakukan pemilahan sampah di rumah, seperti memisahkan sampah organik dan juga non organik agar sampah yang dibuang itu tidak banyak. Nantinya sampah yang non organik bisa dikumpulkan dan diberikan ke pengumpul sampah untuk nantinya dapat didaur ulang," ungkap Febri saat konferensi pers secara virtual, Rabu (7/10/2020).

Sementara itu, Co-Founder MallSampah Adi Saifullah Putra mengungkapkan memang memilah sampah menjadi solusi yang tepat untuk menghindari penumpukan sampah saat musim hujan, sehingga dapat menghindari risiko banjir. Dirinya pun memberikan tips bagaimana caranya untuk memilah sampah dengan benar.

"Solusinya adalah mengolah sampah dari sumbernya, secara teknisnya itu yang bisa dilakukan itu adalah mengompos sampah organik. Caranya adalah dengan membuat lubang biopori yang mampu menjadikan sampah organik menjadi kompos yang alami. Lalu, untuk sampah anorganik itu bisa diberikan ke pemulung agar nantinya bisa di daur ulang dan meningkatkan taraf hidup mereka," tutur Adi.

Senada, Founder & General Manager CleanUp Indonesia Iqra Putra Sanur juga menuturkan butuh kesadaran lebih bagi masyarakat untuk memilah sampah agar mengurangi jumlah sampah untuk menghindari risiko banjir di musim hujan.

(akn/ega)