Satgas COVID-19 Optimistis Penularan Corona Bisa Ditekan, Ini Dasarnya

Danu Damarjati - detikNews
Selasa, 06 Okt 2020 17:42 WIB
Jubir Satgas Penanganan COVID-19 Wiku Adisasmito
Jubir Satgas COVID-19, Wiku Adisasmito (Biro Pers Sekretariat Presiden)
Jakarta -

Satgas Penanganan COVID-19 memberi perhatian khusus kepada 11 kota di seluruh Indonesia yang mempunyai angka COVID-19 tinggi. Namun pemerintah optimis penularan virus Corona bisa diatasi.

"Kita bisa, karena sudah ditunjukkan oleh beberapa provinsi dengan persentase yang sangat meyakinkan," kata Juru Bicara Satgas COVID-19, Wiku Adisasmito, dalam jumpa pers lewat kanal YouTube Sekretariat Presiden, Selasa (6/10/2020).

Wiku memaparkan 11 kabupaten/kota yang menjadi sorotan khusus karena punya angka kasus positif hingga angka kematian yang tinggi. Ke-11 Kota tersebut adalah Medan, Jakarta Pusat, Kota Bekasi, Kota Depok, Kota Semarang, Surabaya, Kota Banjarmasin, Kota Makassar, Kota Denpasar, Kota Jayapura, dan Kota Banda Aceh.

Dia memaparkan perkembangan penanganan COVID-19 di 10 provinsi prioritas. Secara umum, hasilnya menunjukkan ke arah kondisi yang lebih baik.

"Di pekan ini, perkembangan kasus COVID-19 di 10 provinsi prioritas mengalami perubahan ke arah yang lebih baik," kata Wiku.

Dari jumlah kasus positif mingguan, 6 dari 10 provinsi mengalami penurunan yang cukup signifikan, yaitu Sulawesi Selatan, Sumatera Utara, DKI Jakarta, Jawa Barat, Jawa Timur, dan Kalimantan Selatan.

"Penurunan paling signifikan terjadi di Sulawesi Selatan sebesar 30,1% dan di Jawa Barat sebesar 28,5%," kata Wiku.

Selanjutnya
Halaman
1 2