Zona Merah Corona Turun Jadi 54, Jaktim-Depok-Tangsel Zona Oranye

Tim detikcom - detikNews
Selasa, 06 Okt 2020 17:11 WIB
Juru bicara Satgas Penanganan COVID-19, Wiku Adisasmito (YouTube Sekretariat Presiden)
Juru bicara Satgas Penanganan COVID-19, Wiku Adisasmito (YouTube Sekretariat Presiden)
Jakarta -

Pemerintah melaporkan perkembangan terbaru mengenai peta zonasi risiko Corona di seluruh daerah di Indonesia. Daerah dengan zona risiko tinggi atau zona merah turun menjadi 54.

Informasi mengenai peta zonasi risiko Corona ini disampaikan juru bicara Satgas Penanganan COVID-19, Wiku Adisasmito, dalam konferensi pers yang disiarkan di akun YouTube Sekretariat Presiden, Selasa (6/10/2020). Sementara itu, daerah dengan tingkat risiko sedang atau zona oranye bertambah menjadi 307 daerah. Jakarta Timur, Depok, hingga Tangsel termasuk daerah yang berubah dari zona merah menjadi zona oranye.

"Peta zonasi risiko per 4 Oktober di sini terlihat bahwa ada penurunan kabupaten/kota dengan risiko tinggi dari 62 menjadi 54, dan kalau kita lihat zona oranye meningkat jumlahnya dari 305 kabupaten/kota menjadi 307 kabupaten/kota," ujar Wiku.

"Kenaikan juga terjadi pada zona kuning yaitu dari 112 menjadi 121 kabupaten/kota, ini adalah perkembangan yang baik karena semakin banyak wilayah yang zona risikonya menurun menjadi risiko rendah," sambung Wiku.

Peta Zona Risiko Corona di IndonesiaPeta Zona Risiko Corona di Indonesia Foto: Screenshot YouTube Sekretariat Presiden

Adapun daerah tidak ada kasus baru berkurang menjadi 17 kabupaten/kota. Begitu pula daerah yang tidak terdampak berkurang menjadi 15 kabupaten/kota.

"Sedangkan untuk zona hijau, wilayah yang tidak ada kasus baru semakin menurun dari sebelumnya 19 kabupaten/kota menjadi 17 kabupaten/kota begitu juga dengan wilayah yang terdampak itu juga menurun 16 kabupaten/kota menjadi 15 kabupaten kota, wilayah yang tidak terdampak dan tidak ada kasus baru betul-betul harus kita jaga bahkan ditingkatkan sehingga perkembangan kasus virus COVID-19 di Indonesia dapat terus membaik," ujar dia.

Peta Zona Risiko Corona di IndonesiaPeta Zona Risiko Corona di Indonesia/Screenshot YouTube Sekretariat Presiden
Peta Zona Risiko Corona di IndonesiaPeta Zona Risiko Corona di Indonesia/Screenshot YouTube Sekretariat Presiden

Update Corona RI 6 Oktober: Tambah 4.056, Positif 311.176:

[Gambas:Video 20detik]



(knv/gbr)