Perampok Sadis yang Tewaskan Pemulung Bekasi Terancam 15 Tahun Penjara

Isal Mawardi - detikNews
Selasa, 06 Okt 2020 17:04 WIB
Polisi tangkap perampok pemulung di Bekasi
Polisi menangkap perampok pemulung di Bekasi. (Isal Mawardi/detikcom)
Bekasi -

Polisi menetapkan Karim (34) dan Sukandar (49) sebagai tersangka pelaku penganiayaan pemulung yang mengakibatkan satu korban tewas di Kabupaten Bekasi, Jawa Barat. Polisi menjerat kedua tersangka dengan pasal berlapis.

"Pasal 338, Pasal 365 KUHP, ancamannya 15 tahun penjara. Tapi kita gelarkan (Pasal) 340-nya karena ada niat perencanaannya (pembunuhan berencana)," ujar Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Yusri Yunus kepada wartawan di Polres Metro Bekasi, Cikarang, Kabupaten Bekasi, Selasa (6/10/2020).

Pelaku mengaku menganiaya korban karena tersinggung pada korban. Saat itu, pelaku atas nama Karim menawarkan gerobaknya kepada korban seharga Rp 100 ribu.

"Pada saat itu dia mau menjual gerobaknya seharga Rp 100 ribu, tetapi ditawar Rp 50 ribu oleh korban, tetapi ada satu kalimat yang keluar yang tidak diterima oleh si tersangka. Ini yang kemudian dia rencana untuk melakukan penganiayaan terhadap korban," kata Yusri.

Pelaku pun mengajak rekannya, Sukandar, untuk menghabisi nyawa korban dan merampok harta benda korban. Kepala korban dihantam dengan balok hingga salah satu pemulung itu tewas.

"Rata-rata korbannya dipukul di kepala menggunakan balok yang ada. Ini yang kami masih dalami pelaku-pelakunya. Kami akan rencanakan pemeriksaan kejiwaan terhadap bersangkutan," tutur Yusri.

Setelah diselidiki, ternyata pelaku juga seorang pemulung. "Dia (pelaku) juga pemulung," ungkapnya.

Sebelumnya, peristiwa penganiayaan pemulung terjadi di Cikarang Barat, Kabupaten Bekasi, pada Selasa (29/9). Aksi pelaku viral setelah terekam kamera CCTV.

Video 'Detik-detik Pemulung Tewas Dirampok-Dihantam Balok saat Tidur':

[Gambas:Video 20detik]



(isa/mea)