Dalih Mau Nikahi Korban, Motif Pria Culik-Cabuli Anak Berkebutuhan Khusus

Yogi Ernes - detikNews
Senin, 05 Okt 2020 20:07 WIB
Polisi tangkap penculik anak berkebutuhan khusus di Kemayoran
Polisi Tangkep Pelaku Penculikan Anak di Kemayoran (Yogi Ernes/detikcom)
Jakarta -

Polisi mengungkap motif Praditya Bayu (39), pelaku penculikan yang mencabuli anak berkebutuhan khusus di Kemayoran, Jakarta Pusat. Kepada polisi, pelaku berdalih mencabuli korban karena ingin menikahinya.

"Motifnya karena suka dengan si korban dan ada niatan untuk menikahi, karena tersangka ini sudah duda," kata Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Yusri Yunus di Mapolda Metro Jaya, Jalan Sudirman, Jakarta, Senin (5/10/2020).

Pelaku mengaku mengenal korban sejak satu bulan lalu. Pelaku yang sering berjualan bakso melihat korban sering ke Danau Sunter.

"Awal kenal korban sering berkeliaran di tempat tersangka kerja, sering minta-minta di sana karena ada keterbatasan korban. Di situlah dia kenal dengan korban dan tahu korban," ungkap Yusri.

Pada 8 September 2020, pelaku kemudian menculik korban. Pelaku mengiming-imingi korban dengan menjanjikan pekerjaan kepada korban.

"Kemudian tanggal 8 September, tersangka mendatangi korban yang lagi duduk di Danau Sunter. Pelaku mengiming-imingi akan memberi kerja kepada korban untuk menjadi seorang pembantu. Setelah itu korban diberi uang Rp 50 ribu untuk ikut dengan tersangka ke tempat kos-kosan di daerah Sunter," paparnya.

Pelaku kemudian membawa korban ke Boyolali dan berakhir di Jombang. Selama 23 hari pelarian, pelaku juga mengaku telah mencabuli korban sebanyak 14 kali.

Polisi kini masih mendalami adanya kemungkinan korban lain dari tersangka tersebut. Pelaku sendiri saat ini telah ditahan di Rutan Polda Metro Jaya.

(mei/mei)