Pengacara Duga Penculik Anak Berkebutuhan Khusus Predator Seks

Yogi Ernes - detikNews
Senin, 05 Okt 2020 18:47 WIB
Polisi tangkap penculik anak berkebutuhan khusus di Kemayoran
Polisi Tangkap Penculik Anak Berkebutuhan Khusus di Kemayoran (Yogi Ernes/detikcom)
Jakarta -

Polisi menangkap Praditya Bayu (39), pelaku penculikan anak berkebutuhan khusus, di daerah Jombang, Jawa Timur. Pengacara korban menduga pelaku merupakan predator seks spesialis anak berkebutuhan khusus.

"Saya telusuri dari Facebook pelaku, pertemanan dia di dalam Facebook rata-rata anak berkebutuhan khusus. Makanya ini semakin kuat dugaan saya bahwa ini adalah predator spesialis ini. Kalau dibilang ya ini kejahatan luar biasa," kata kuasa hukum korban, Fachria, kepada detikcom, Senin (5/10/2020).

Fachria menuturkan pihaknya juga sebelumnya pernah bertemu dengan remaja berkebutuhan khusus yang mengaku pernah diculik selama satu bulan oleh pelaku. Hal tersebut semakin menguatkan bahwa pelaku merupakan predator seks yang memang mengincar anak-anak berkebutuhan khusus.

"Pas tanggal 23 September itu kita dapat saksi yang dulunya dia korban dari si pelaku itu. Jadi saksi yang diduga korban itu memberikan keterangan di Polsek (Palmerah). Setelah saksi itu diperiksa, ternyata dia pernah dibawa juga sama pelaku sampai 1 bulan lamanya. Dan kebetulan si korban yang pertama ini dia bisa baca, bisa tulis, tapi dia berkebutuhan khusus juga sama kayak korban yang ini," terang Fachria.

Keluarga mengapresiasi kinerja polisi yang berhasil menangkap pelaku. Keluarga berharap pelaku tersebut dikenai hukuman yang setimpal.

"Yang jelas harapan dari keluarga dihukum seberat-beratnya karena ini nggak manusiawi. Anak berkebutuhan khusus dilakukan dengan tidak semestinya," pungkas Fachria.

Seperti diketahui, bocah berusia 16 tahun itu sempat dilaporkan hilang oleh keluarganya pada 8 September lalu. Pihak keluarga kemudian melaporkan kasus orang hilang di Polsek Kemayoran.

Baru pada tanggal 24 September, keluarga melaporkan adanya dugaan tindakan penculikan ke Polda Metro Jaya. Sepekan berselang, polisi akhirnya berhasil menemukan korban beserta pelaku di daerah Jombang, Jawa Timur.

Tim Subdit Resmob Ditreskrimum Polda Metro Jaya yang dipimpin Kompol Handik Zusen, AKP Rulian Syauri, AKP Tommy dan AKP Steven Chang, mengamankan pelaku dan korban di sebuah kosan di Jombang, Jawa Timur pada Rabu (30/9). Pelaku tertangkap, setelah sebelumnya sempat menggelapkan gerobak bakso milik bosnya di Boyolali, Jawa Timur.

(mei/mei)