Selama 23 Hari Diculik, Anak Berkebutuhan Khusus Dibawa ke Boyolali-Jombang

Yogi Ernes - detikNews
Senin, 05 Okt 2020 15:27 WIB
Polisi tangkap penculik anak berkebutuhan khusus di Kemayoran
Polisi tangkap pelaku penculikan anak berkebutuhan khusus. (Yogi Ernes/detikcom)
Jakarta -

Praditya Bayu (39), tersangka penculikan yang juga mencabuli anak berkebutuhan khusus membawa korban ke Jawa. Selama hampir sebulan diculik, korban dibawa ke Boyolali hingga Jombang, Jawa Timur.

Penculikan terjadi pada Sabtu (8/9) lalu di sekitar Danau Sunter, Jakarta Utara. Korban kemudian dibawa ke kosan pelaku di daerah tersebut hingga akhirnya dicabuli. Setelah itu, pelaku kemudian membawa korban ke daerah Boyolali, Jawa Tengah.

"Korban yang memang akan dijanjikan pelaku kerja di Jombang, Jawa Timur sempat mampir di Boyolali kurang lebih dua hari," kata Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Yusri Yunus kepada wartawan di Mapolda Metro Jaya, Jalan Sudirman, Jakarta, Senin (5/10/2020).

Yusri menerangkan, sehari-harinya pelaku bekerja sebagai penjual bakso. Uang dari jualan bakso tersebut yang menjadi modal pelaku untuk berpindah-pindah tempat.

Menurut Yusri, di Boyolai pelaku juga melakukan pencabulan kepada korban sebanyak tiga kali.

Dari Boyolali, pelaku dan korban kemudian bergerak menuju kota Jombang, Jawa Timur. Wakil Direktur Reserse Kriminal Umum Polda Metro Jaya AKBP Calvijn Simanjuntak mengungkapkan, pelaku dan korban berada di kota tersebut selama dua pekan.

"Selama di Jombang ini cukup lama. Di Boyolali menginap di kos-kosan seputaran terminal Boyolali itu sekitar 1 minggu. Di Jombang dalam perjalanan sampai dengan menginapnya di kos-kosan yang ada di sekitaran terminal bus Jombang selama sekitar 2 minggu," jelas Calvijn.

Calvijn menambahkan, di Jombang pelaku juga sempat beralih profesi. Pelaku diketahui sempat berjualan tahu saat berada di kota Jombang.

Akhir pelarian dari pelaku sendiri terhenti di kota tersebut. Pada Rabu (30/9) pelaku dan korban berhasil diamankan oleh polisi.

Pelaku dan korban berhasil diamankan Tim Subdit Resmob Ditreskrimum Polda Metro Jaya di bawah pimpinan Kasubdit Kompol Handik Zusen, AKP Steven Chang, AKP Rulian dan AKP Tommy.

(mei/mei)