Buruh Demo di Kawasan Ejip Cikarang, Diminta Bubar Sebelum Pukul 18.00 WIB

Tim detikcom - detikNews
Senin, 05 Okt 2020 17:34 WIB
Ribuan buruh menggelar demonstrasi menolak Omnibus Law Cipta Kerja di depan gedung DPR, Jakarta. Namun mereka tidak menerapkan jaga jarak fisik.
Demo buruh tolak pengesahan RUU Cipta Kerja di DPR (Rengga Sancaya/detikcom)
Kabupaten Bekasi -

Massa buruh melakukan unjuk rasa di kawasan industri Ejip, Cikarang, Kabupaten Bekasi. Massa diminta bubar sebelum pukul 18.00 WIB.

"Demo masih berlangsung, kita kasih kesempatan sampai pukul 18.00 WIB, kalau tidak kita bubarkan," kata Kapolsek Cikarang Selatan Kompol Sukadi saat dihubungi detikcom, Senin (5/10/2020).

Sukadi menjelaskan, massa terbagi ke dalam dua sif. Sif pertama pada siang tadi sekitar 300 orang.

"Sif pertama sudah pulang, ini yang kedua ada sekitar 500-700 orang," imbuhnya.

Adapun, tuntutan massa menolak omnibus law RUU Cipta Kerja. Demo di kawasan Ejip, Cikarang Selatan, Kabupaten Bekasi, berlangsung mulai pagi tadi pukul 08.00 WIB.

"Nggak, nggak banyak, paling sekitar 300-an orang ini. Tadi mereka dari pagi dari pukul 08.00 WIB. Kondisi saat ini sih kondusif, massa berunjuk rasa di sini," ucap Sukadi saat dihubungi siang tadi.

Sukadi mengatakan massa buruh ini sesungguhnya hendak menuju DKI Jakarta, tapi dihalau oleh pihak kepolisian. Karena itu, massa diarahkan ke kawasan industri Ejip.

"Iya masih berlangsung ini, karena tadi kan mau ke Jakarta tapi tidak kita izinkan gitu karena tidak ada agenda, agendanya kan 6-8 September, kita ingatkan untuk tidak ke Jakarta. Sekarang akhirnya orasi di Kawasan Ejip," ujarnya.

(mei/hri)