Kemdikbud hingga TVRI Disomasi Karena Tayangkan Film Tanpa Izin

Rahel Narda Chaterine - detikNews
Senin, 05 Okt 2020 10:59 WIB
Alghiffari Aqsa (Dwi Andayani/detikcom)
Pengacara sutradara film Sejauh Kumelangkah, Alghiffari Aqsa (Dwi Andayani/detikcom)
Jakarta -

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud) diprotes karena menayangkan film Sejauh Kumelangkah di TVRI tanpa izin pemegang hak cipta. Sutradara film itu, Ucu Agustin, memberikan somasi kepada Kemdikbud, Televisi Republik Indonesia (TVRI), dan PT Telkom Indonesia (Telkom).

Kuasa Hukum Ucu Agustin, Alghiffari Aqsa menjelaskan Kemdikbud menayangkan film Sejauh Kumelangkah di program belajar dari rumah (BDR) tanpa seizin Ucu Agustin pada 25 Juni 2020. Selain itu, film juga ditayangkan di media streaming online TV on-demand UseeTV, program layanan televisi milik Telkom.

"Karena menayangkan, memutilasi, dan memodifikasi film tanpa seizin dan tanpa sepengetahuan pembuat dan pemegang hak cipta film," kata Kuasa Hukum Ucu Agustin, Alghiffari Aqsa dalam keterangannya yang diterima detikcom pada Senin (5/10/2020).

"Film bukan hanya telah diberi logo Kemendikbud dan TVRI, tapi juga telah dimutilasi dan dimodifikasi sedemikian rupa hingga pesan dalam film terkait isu disabilitas netra banyak terpotong dan hilang serta tidak tersampaikan dengan baik," imbuhnya.

Lebih lanjut Alghiffari mengatakan, di bulan Agustus 2018, film Sejauh Kumelangkah memenangkan IF/Then shorts Southeast Asia Pitch yang diselenggarakan oleh Tribeca Film Institute (TFI) bekerja sama dengan Docs by The Sea yang dikelola In-Docs. Film diproduksi selama lebih dari setahun dengan sumber pembiayaan dana pribadi dan film grant.

Melalui IF/Then shorts SEA film itu, Ucu mendapat kontrak dengan Aljazeera Internasional (AJI - Malaysia). Alghiffari mengatakan, kontrak itu mengharuskan film ditayangkan perdana di platform TV Al Jazeera dengan masa hold back 6 bulan.

"Ucu sedang terikat kontrak dengan AJI saat film Sejauh Kumelangkah ditayangkan oleh Kemdikbud di program BDR di TVRI," ujarnya.

Selanjutnya
Halaman
1 2