Viral Bioskop di Mal Banjarmasin Kembali Dibuka, Begini Kondisi Hari Ini

M Risanta - detikNews
Sabtu, 03 Okt 2020 22:19 WIB
Viral bioskop di Duta Mal Banjarmasin (Risanta/detikcom)
Foto: Viral bioskop di Duta Mal Banjarmasin (Risanta/detikcom)
Banjarmasin -

Baru sehari beroperasi, bioskop XXI Duta Mal Banjarmasin akhirnya tutup kembali. Plt Wali Kota Banjarmasin, Hermansyah, secara tegas bioskop di mal terbesar di Banjarmasin itu tidak mengantongi izin beroperasi.

Bioskop ini sempat memutar sejumlah film box office termasuk film Indonesia pada Jumat (2/10) kemarin. Kendati begitu jumlah pengunjung masih sepi. Pembukaan bioskop di mal ini sempat viral di media sosial (medsos).

"Pertama kali buka untuk masuk area bioskop ini, penonton menjalani pemeriksaan ketat termasuk menjalankan protokol kesehatan. Tiket pun diperiksa dengan scan barcode dan mengisi data lengkap termasuk NIK KTP. Ketatnya melebihi orang mau masuk mal maupun bank dan perkantoran lainnya," jelas salah seorang warga yang sempat nonton, Cristin Mariani, kepada detikcom, Sabtu (3/10/2020).

Viral bioskop di Duta Mal Banjarmasin (Risanta/detikcom)Viral bioskop di Duta Mal Banjarmasin (Screenshot video viral Instagram)

Dia mengatakan kapasitas di dalam studio pun diisi tak lebih dari 50%. Selain itu tempat duduk diberi pembatas.

Manager Operasional Duta Mall Banjarmasin, Yenny Purwanti, mengatakan pembukaan bioskop kemarin sebenarnya masih tahap uji coba. Manajemen sendiri ingin mengetahui antusiasme masyarakat dan penerapan protokol kesehatan yang dijalankan.

Pengelola bioskop sendiri pun sudah mengajukan izin terkait persiapan pembukaan bioskop XXI ini sejak beberapa waktu lalu kepada Gugus Tugas Pencegahan Pengendalian dan Penanganan COVID-19 Banjarmasin.

"Memang benar bahwa sehari sebelumnya dilakukan uji coba operasi. Namun hari ini kita tutup kembali. Tapi karena memang studio XXI-nya juga belum mengantongi izin secara resmi, manajemen memutuskan dan meminta mereka tutup untuk hari ini sampai surat resmi dikeluarkan oleh GTPP COVID-19 Banjarmasin," terang Yenny.

Kepala Dinas Kesehatan Banjarmasin, Machli Riyadi, menegaskan pihaknya sudah melakukan melakukan visitasi memantau protokol kesehatan yang akan diterapkan apabila memang sudah mendapatkan izin kembali buka.

"Kami tidak memberikan izin untuk beroperasikan. Namun merekomendasikan bagaimana penerapan protokol kesehatan dijalankan ketika bioskop beroperasi di saat Banjarmasin sudah zona hijau dan bersih dari COVID. Saat ini saja kita masih satu kawasan yang berada dalam zona merah COVID-19. Untuk pemberian izin beroperasi itu bukan wewenang kami," tegas Machli Riyadi saat dihubungi terpisah.

(jbr/jbr)