Pasar Inpres Sintang Kalbar Terbakar, 9 Kios Hangus

Adi Saputro - detikNews
Kamis, 01 Okt 2020 19:47 WIB
Pasar Inpres Sintang terbakar
Pasar Inpres Sintang terbakar (Adi Saputro/detikcom)
Sintang -

Pasar Inpres Sintang, Kalimantan Barat (Kalbar), terbakar pada Kamis sore. Akibatnya, 9 kios yang berada di satu blok pasar hangus.

Kebakaran terjadi pada Kamis (1/10/2020), sekitar pukul 16.35 WIB. Kebakaran juga menyebabkan semua pasien yang sedang dirawat di RSUD Ade M Djoen Sintang dievakuasi keluar karena lokasi yang berdekatan dengan titik kobaran api.

Bangunan lama Pasar Inpres disertai hembusan angin yang kencang, menyebabkan api merembet sangat cepat dan membesar.

"Dari satu blok ada 10 pintu toko, namun yang terbakar ada 9 pintu toko," kata Kabid Damkar Sintang, Yudius, Kamis malam.

Yudius mengatakan, sebanyak 8 unit mobil pemadam kebakaran dikerahkan. Serta petugas langsung diterjunkan ke lokasi kebakaran.

"Ada 8 unit mobil pemadam kebakaran sudah berada di lokasi kebakaran, dibantu Busera 3 unit, BPBD 1 unit, dan polisi 1 unit," ujarnya.

Yudius mengatakan saat ini petugas masih melakukan proses pendinginan. Proses pemadaman sempat terkendala karena mesin pompa air mengalami gangguan.

"Laporan masuk ke telepon posko pukul 16.35 WIB dan sampai di lokasi pada pukul 16.43 WIB. Saat ini pemadam dan pendingin terus dilanjutkan. Kendalanya mesin macet untuk menyuplai air ke titik api," ungkapnya.

Api saat ini berhasil dipadamkan. Tidak ada korban jiwa dalam kejadian ini. Sementara penyebab kebakaran dan kerugian masih terus didata dan diselidiki Polres Sintang.

(lir/lir)