PAN DKI Khawatir Pasien OTG Corona Dikucilkan Bila Rumah Dipasangi Stiker

Muhammad Ilman Nafian - detikNews
Kamis, 01 Okt 2020 14:33 WIB
Zita Anjani
Zita Anjani (Foto: dok. Istimewa)
Jakarta -

Rumah pasien OTG Corona yang melakukan isolasi mandiri di Jakarta bakal dipasangi stiker khusus. Kritik mengemuka dari anggota Dewan, sudahkah Pemprov DKI Jakarta memikirkan dampaknya?

"Saya paham maksudnya agar orang lain tahu. Tapi rakyat di bawah itu lapar, mereka hanya butuh kepastian dan kesehatan, itu saja. Jangan warga sudah susah, malah dibuat susah lagi," ujar Wakil Ketua DPRD DKI Fraksi PAN Zita Anjani kepada wartawan, Kamis (1/10/2020).

Zita khawatir pasien OTG Corona yang menjalani isolasi mandiri dikucilkan apabila rumah mereka ditandai dengan stiker khusus. Bukan hanya pasien, keluarganya pun bisa kena dampak.

"Harus pikirkan juga dampak dari pemasangan stiker ini, karena imbasnya bukan hanya OTG semata, tapi juga keluarganya. Sanksi sosial itu lebih berat, dikucilkan di lingkungan sendiri padahal tidak ada apa-apa," ungkapnya.

Zita meminta Pemprov DKI lebih bijak dalam membuat aturan. Menurutnya, aturan yang harus terlebih dahulu berdasarkan kajian yang mendalam.

"Saya berharap pemprov bisa lebih bijak membuat peraturan, kajian aspek sosiologisnya harus mendalam, agar berdampak baik ke rakyat, bukan sebaliknya. Percuma ditempelkan stiker kalau mereka tidak paham tata cara isolasi mandiri," kata Zita.

Seperti diketahui, Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta kini memperbolehkan masyarakat yang positif Corona tak bergejala atau OTG menjalani isolasi mandiri di rumah dengan syarat. Rumah yang digunakan untuk isolasi mandiri itu nanti akan ditempeli stiker khusus bertulisan 'sedang melakukan isolasi mandiri'.

"Lurah menempel atau memasang pengumuman 'sedang melakukan isolasi mandiri' pada pintu atau tempat yang mudah terlihat," demikian bunyi salah satu poin di lampiran Keputusan Gubernur Provinsi DKI Jakarta Nomor 980 Tahun 2020.

(man/imk)