Komjak: Sesuai SOP, Nora Tak Dibolehkan Ada di Mobil Tahanan Bersama Jerinx

Isal Mawardi - detikNews
Kamis, 01 Okt 2020 06:43 WIB
Nora Alexandra dan suami, Jerinx, di dalam mobil tahanan (Screenshot video viral)
Foto: Nora Alexandra dan suami, Jerinx, di dalam mobil tahanan (Screenshot video viral)
Denpasar -

Video terdakwa kasus ITE, I Gede Ari Astina alias Jerinx 'SID', bercumbu dengan istrinya, Nora Alexandra, di mobil tahanan viral di media sosial. Komisi Kejaksaan menyebut Nora tidak diperbolehkan berada di mobil tahanan.

"Seharusnya istri Jerinx tidak diperbolehkan berada dalam mobil tahanan bersama Jerinx," ujar Ketua Komisi Kejaksaan, Barita Simanjuntak lewat pesan singkat kepada detikcom, Kamis (10/1/2020).

Peraturan itu tertuang dalam peraturan Jaksa Agung RI nomor PER - 005/A/JA/03/2013, yang telah ditindaklanjuti dengan Surat Jampidum ke Kajati seluruh Indonesia dengan Surat Nomor: B -824/E/Ejp/03/2013 tanggal 19 Maret 2013 perihal Petunjuk Pengamanan Tahanan. Jika mengacu kepada peraturan itu, kata Barita, yang diperkenankan berada di mobil tahanan yakni tahanan, sopir mobil tahanan, petugas pengamanan tahanan, serta petugas kepolisian.

"Selama persidangan dan saat akan keluar dari sidang, semua SOP di atas dijalankan. Namun masalah timbul saat akan masuk ke mobil tahanan yang berada di Gedung Krimsus Polda Bali," lanjut Barita.

Dari keterangan yang diterima Barita, saat Jerinx hendak kembali ke rutan, banyak massa yang mengikutinya. Massa tersebut terdiri dari para pendukung Jerinx maupun wartawan.

"Sehingga untuk mencegah hal-hal yang tidak diinginkan akibat kerumunan massa yang semakin mendesak, petugas memilih untuk sesegera mungkin memasukkan yang bersangkutan ke mobil tahanan dan saat yang bersamaan tiba-tiba istri terdakwa Jerinx yang ada di sekitarnya nyelonong ikut masuk ke mobil tahanan," ucap Barita.

Barita menyebut kejadian ini akan menjadi evaluasi. "Sesuai mekanisme protapnya, hal ini tentu akan menjadi objek pemeriksaan dan evaluasi agar kejadian serupa tidak terjadi lagi," tuturnya.

Sebelumnya diberitakan, momen Jerinx dan Nora bermesraan di mobil tahanan banyak di-posting di media sosial (medsos). Dalam video pendek tersebut, tampak Jerinx dan Nora duduk bersebelahan.

Keduanya melepaskan kangen dengan berangkulan. Namun dalam momen tersebut sempat terlihat beberapa kali Jerinx dan Nora berciuman.

Momen ini terjadi usai Jerinx menjalani sidang lanjutan dengan agenda pembacaan nota keberatan atau eksepsi atas dakwaan jaksa penuntut umum (JPU) dalam perkara ujaran kebencian melalui posting-an 'IDI kacung WHO'. Dalam sidang yang digelar secara online itu, tim penasihat hukum Jerinx meminta majelis menolak dakwaan JPU.

Video 'Momen Jerinx dan Nora Alexandra Melepas Rindu di Mobil Tahanan':

[Gambas:Video 20detik]



(isa/mae)