Jadi Modus Pecurian Kotak Amal di Jaksel, Akun Ojol Disewa Pelaku Rp 300 Ribu

Luqman - detikNews
Rabu, 30 Sep 2020 23:59 WIB
Polisi tangkap pencuri kotak amal yang viral di medsos
Polisi tangkap pencuri kotak amal berjaket ojol di Mampang Prapatan (Luqman Arunanta/detikcom)
Jakarta -

Salah satu pelaku pencurian kotak amal di Masjid Ass-Sa'adah As-Sudairi, Mampang Prapatan, Jakarta Selatan, diketahui menggunakan jaket ojol saat melakukan aksinya. Tersangka APY (26) diketahui bekerja sebagai ojol dengan menyewa akun ojol dari rekannya.

"Iya atribut temannya, kemudian menggunakan akun temannya untuk dipergunakan," kata Kapolsek Mampang Kompol Sujarwo di Mapolsek Mampang, Jakarta Selatan, Rabu (30/9/2020).

APY diketahui merupakan seorang pengangguran dan memiliki istri serta seorang anak. Dia lalu memakai akun ojol temannya dan menggunakan atribut ojol untuk beraksi.

"Kalau yang satunya (APY) memang dia profesinya freelance ya, kemudian meminjam akun salah satu temannya untuk dipergunakan meminjam jaket untuk sebagai ojek online," jelas Sujarwo.

Kepada wartawan, APY mengaku menyewa akun ojol dari temannya seharga Rp 300 ribu per bulan.

"Iya akun teman, sewa sebulan Rp 300 ribu," ungkap APY.

Diketahui, pencurian terjadi di Masjid Ass-Sa'adah As-Sudairi, Tegal Parang, Mampang Prapatan, Jakarta Selatan, pada Kamis (17/9). Dalam video viral, terlihat ada dua orang laki-laki yang satu memakai jaket ojol dan yang satu memakai pakaian biasa.

Si pelaku yang memakai jaket ojol itu terekam sedang menunggu sambil tengok kanan-kiri di depan masjid. Sedangkan rekannya mencuri kotak amal di dalam masjid.

Setelah berhasil mencuri kotak amal, kedua pelaku langsung kabur menggunakan sepeda motor. Mereka naik motor berboncengan, kotak amal yang dicuri diletakkan di atas motor di tengah-tengah mereka.

(mei/mei)