Pencuri Viral Kotak Amal Berjaket Ojol di Mampang Sudah 2 Kali Aksi

Luqman Nurhadi Arunanta - detikNews
Rabu, 30 Sep 2020 18:16 WIB
Polisi tangkap pencuri kotak amal yang viral di medsos
Polisi tangkap pencuri kotak amal di Mampang Prapatan yang viral di medsos. (Lukman Arunanta/detikcom)
Jakarta -

APY (26) dan MCB (17) ditangkap karena mencuri kotak amal di Masjid Ass-Sa'adah As-Sudairi, Mampang Prapatan, Jakarta Selatan. Tersangka APY mengaku sudah melakukan pencurian serupa sebanyak 2 kali.

"(Sudah) dua kali pak," kata tersangka APY kepada wartawan di Mapolsek Mampang, Jakarta Selatan, Rabu (30/9/2020).

Sebelum mencuri kotak amal di Mampang Prapatan, APY juga pernah beraksi di masjid daerah Cisauk, Kabupaten Tangerang. Dia mencongkel kotak amal dengan obeng.

"Cuman yang di Cisauk pakai obeng," ungkap APY.

Sementara itu, Kapolsek Mampang Kompol Sujarwo mengatakan masih akan mendalami aksi-aksi lain yang dilakukan oleh tersangka.

"Dari hasil proses pemeriksaan pelaku pernah beberapa kali melakukan perbuatan, di antaranya pernah melakukan perbuatan di masjid daerah Cisauk, namun yang lain masih dalam proses pengembangan," ujar Sujarwo.

Kedua pelaku ditangkap pada Selasa (29/9). Keduanya mengaku mencuri kotak amal karena terhimpit masalah ekonomi di tengah pandemi.

"Iya (masalah ekonomi), kalau sejauh ini dari keterangan memang semenjak pandemi ini memang kesulitan sehingga dia mencuri kotak amal di masjid tersebut," imbuh Sujarwo.

Pencurian kotak amal itu terjadi di Masjid Ass-Sa'adah As-Sudairi, Tegal Parang, Mampang Prapatan, Jakarta Selatan, pada Kamis (17/9). Dalam video viral, terlihat ada dua orang laki-laki yang satu memakai jaket ojol dan yang satu memakai pakaian biasa.

Si pelaku yang memakai jaket ojol itu terekam sedang menunggu sambil tengok kanan-kiri di depan masjid. Sedangkan rekannya mencuri kotak amal di dalam masjid.

Setelah berhasil mencuri kotak amal, kedua pelaku langsung kabur menggunakan sepeda motor. Mereka naik motor berboncengan, kotak amal yang dicuri diletakkan di atas motor di tengah-tengah mereka.

Tonton video 'Terekam CCTV! Aksi Pencurian Kotak Amal di Masjid Kota Parepare':

[Gambas:Video 20detik]



(mei/mei)