Hari Jantung Sedunia, CT ARSA Gelar Webinar Kesehatan hingga Berdonasi

Tim detikcom - detikNews
Rabu, 30 Sep 2020 10:07 WIB
kesehatan jantung
Ilustrasi kesehatan jantung Foto: thinkstock
Jakarta -

CT ARSA Foundation ikut memperingati Hari Jantung Sedunia dengan mengadakan rangkaian acara terkait kesehatan jantung. Selain itu, CT Arsa Foundation juga berbagi donasi.

Penyakit Jantung Koroner menjadi penyakit pemicu kematian terbesar di Indonesia. Bahkan, menurut WHO, jumlahnya akan terus bertambah hingga 2030 nanti. Tidak hanya menyerang lansia, namun penyakit ini juga kerap terjadi pada masyarakat dengan usia muda.

Gaya hidup modern yang serba praktis, instan, cepat dan menjadikan masyarakat minim bergerak, serta memiliki pola hidup tidak sehat menjadi salah satu sebab munculnya penyakit ini. Umumnya, penyakit jantung juga disebabkan adanya penyumbatan, peradangan, atau kerusakan pada jantung dan pembuluh darah di sekitarnya. Hal ini yang kemudian mengakibatkan kematian mendadak.

Melihat fakta tersebut, di Hari Jantung Sedunia yang jatuh pada 29 September di setiap tahunnya, CT ARSA Foundation ikut memperingati dengan mengadakan rangkaian acara terkait kesehatan jantung.

Yayasan sosial yang salah satu fokusnya adalah memberikan pelayanan dan pengetahuan kesehatan optimal kepada masyarakat ini, mengadakan rangakaian acara yang terdiri dari webinar bertema #Kitasaja (Kita Sayangi Jantung). Acara ini berisi obrolan santai seputar kesehatan jantung yang diselenggarakan 29 September 2020, jam 14.30-15.30 WIB, melalui platform online zoom CT ARSA Foundation.

Narasumber acara ini adalah dr. Vito A. Damay, SpJP(K), MKes, FIHA, FICA, FAsCC. Beliau adalah dokter spesialis jantung dan pembuluh darah di beberapa rumah sakit. Beliau juga aktif mengisi penyuluhan kesehatan jantung melalui platform online.

Selain bersama dokter yang pakar di bidangnya, acara ini juga dihadiri oleh Yan Vellia. Istri dari alm. Didi Kempot ini akan berbagi pengalaman seputar kisahnya kehilangan orang tersayag akibat penyakit jantung. Harapannya, hal ini akan memberikan pengaruh baik terhadap masyarakat agar lebih waspada dan aware terhadap kesehatan jantung.

Rangkaian acara selanjutnya yaitu memberikan donasi kepada penderita penyakit jantung yang membutuhkan. Donasi berupa makanan dan minuman bergizi, yang rencananya akan dialokasikan kepada rumah singgah atau rumah sakit yang fokus merawat para pasien penyakit jantung.

Rangkaian acara ini terlaksana dengan baik juga atas dukungan beberapa pihak yang menyalurkan makanan bergizi kepada CT Arsa Foundation. PT Agel Langgeng dengan produk Oatbits dan Oat8, serta PT Indofood CBP Sukses Makmur Tbk dengan produk GoVit.

Ribuan produk makanan bergizi yang didapat akan dialokasikan kepada penderita jantung yang sudah diassesment.

"Terimakasih untuk semua pihak yang berkontribusi dalam acara ini. Semoga langkah ini bisa bermanfaat dan menjadikan bekal bagi masyarakat untuk semakin waspada dalam menjaga kesehatan jantung sejak dini." kata Anita Chairul Tanjung, Ketua CT RASA Foundation.

(hri/hri)