Bawa Senjata Tajam Hendak Tawuran, 28 ABG di Bekasi Diamankan

Isal Mawardi - detikNews
Selasa, 29 Sep 2020 16:50 WIB
Polres Metro Bekasi menangamankan 28 ABG yang membawa senjata tajam dan hendak tawuran (dok Istimewa)
Polres Metro Bekasi mengamankan 28 ABG yang membawa senjata tajam dan hendak tawuran. (Foto: Istimewa)
Bekasi -

Polisi menangkap 28 anak baru gede (ABG) di Kota Bekasi, Jawa Barat, yang kedapatan membawa senjata tajam. Mereka hendak melakukan tawuran dengan kelompok remaja lainnya.

Penangkapan 28 ABG itu dilakukan di Jalan Sultan Agung, Harapan Jaya, Medan Satria, Kota Bekasi, pada Senin (28/9/2020) malam. Mulanya, para remaja itu hendak tawuran dengan salah satu kelompok yang berasal dari sebuah sekolah.

Mereka janjian tawuran lewat media sosial (medsos). Lokasi tawuran disepakati di flyover Kranji.

"Awalnya para pelaku berkumpul di depan Unisma (Universitas Islam 45). Mereka berkomunikasi melalui Instagram. Setelah kumpul, selanjutnya rombongan berjalan menuju flyover Kranji karena akan tawuran dengan SMK P. Sebelum berkumpul sebagian sudah membawa senjata tajam," ujar Kasubbag Humas Polres Metro Bekasi Kota Kompol Erna Ruswing dalam keterangannya, Selasa (29/9).

Kemudian, para pelaku berkumpul di flyover Kranji, sementara sang lawan tak kunjung tiba. Polisi yang berpatroli mengendus keberadaan para pemuda yang nongkrong di flyover dengan membawa senjata tajam.

Kepergok polisi, para pemuda itu berhamburan dan menaiki sebuah bus yang mengarah ke Stadion Patriot Candrabaga. Di tengah jalan, bus tersebut diberhentikan petugas yang curiga.

"(Polisi) Melakukan pemeriksaan ke dalam bus terdapat 38 orang, lanjut diamankan ke Polres Metro Bekasi Kota. Selanjutnya dilakukan pendataan dengan hasil 28 orang terbukti memiliki senjata tajam tanpa izin," kata Erna.

Barang bukti yang disita ialah satu unit bus dan 28 senjata tajam. Senjata tajam itu terdiri atas golok, celurit, kujang, dan corbek.

Para pelaku dijerat dengan Pasal 2 ayat 1 Undang-Undang Nomor 12 Tahun 1951 dengan ancaman hukuman 10 tahun penjara.

(isa/jbr)