Jasad Pria di Timika Dievakuasi Petugas Ber-APD, Keluarga Histeris

Saiman - detikNews
Selasa, 29 Sep 2020 16:36 WIB
Jenazah pria di Timika dievakuasi Tim COVID-19 RSUD Mimika yang menggunakan APD lengkap (Saiman/detikcom)
Jenazah pria di Timika dievakuasi Tim COVID-19 RSUD Mimika yang menggunakan APD lengkap. (Saiman/detikcom)
Timika -

Seorang warga di kawasan Inauga, Timika, Papua, ditemukan dalam kondisi tak bernyawa. Jasad korban bernama Marten Jitmau (41) dievakuasi petugas berpakaian APD lengkap standar penanganan pasien COVID-19.

Jasad korban ditemukan di sebuah rumah, tepatnya di Jalan Henggi, tepat depan SMA Negeri 1 Timika, Senin (29/9/2020). Keluarga korban sempat histeris.

Proses evakuasi yang dilakukan tim COVID-19 RSUD Mimika sempat ditolak keluarga. Sebab, sebagian keluarga menginginkan pemakaman dilakukan dengan cara adat. Walau mereka meminta pemakaman dengan cara mereka namun warga tidak berani mendekat ke kamar lokasi jenazah tergeletak.

Negosiasi sempat dilakukan oleh pihak medis dan kepolisian dengan pihak keluarga. Mereka membahas untuk menentukan apakah pemakaman akan dilakukan dengan protokol COVID-19 atau pemakaman adat.

Kasat Reskrim Polres Mimika AKP Harmanto yang berada di TKP mengatakan penemuan jenazah dilaporkan oleh pihak keluarga pada pukul 12.30 WIT. Personel Polres Mimika langsung menuju TKP dan melakukan olah TKP.

Sebab, menurut keterangan keluarga, korban meninggal mendadak. Pihak kepolisian pun berkoordinasi dengan pihak keluarga dan istri almarhum. Diketahui Marten Jitmau memiliki riwayat mag akut.

"Kami sudah olah TKP, tidak ditemukan tanda-tanda kekerasan, dan telah memintai keterangan pihak keluarga bahwa almarhum memang memiliki riwayat mag akut, istrinya ada di Tual kami juga sudah hubungi," kata AKP Hermanto.

Marten Jitmau diketahui merupakan pekerja proyek. Pihak keluarga lalu menyerahkan pemakaman Marten Jitmau menggunakan protokol COVID-19.

(jbr/jbr)