Pakar Gestur: Gatot Nurmantyo Mangkel Saat Diadang Massa di Surabaya

Danu Damarjati - detikNews
Selasa, 29 Sep 2020 13:30 WIB
Mikroekspresi Gatot Nurmantyo yang disorot Handoko Gani (Dok Istimewa)
Mikroekspresi Gatot Nurmantyo yang disorot Handoko Gani (Dok Istimewa)
Jakarta -

Deklarator KAMI, Gatot Nurmantyo, diadang demonstran di Surabaya. Wajah Gatot Nurmantyo disorot oleh pakar gestur. Dia terlihat mangkel saat itu.

Video viral berdurasi 2 menit 10 detik di Twitter menampilkan Gatot Nurmantyo yang mondar-mandir saat diadang massa yang mengatasnamakan Surabaya Adalah Kita, Senin (28/9). Acara Gatot di Graha Jabal Nur dan di Gedung Juang 45 di Kota Pahlawan dihentikan polisi.

Pakar gestur dan deteksi kebohongan manusia (lie detector), Handoko Gani, mendeteksi ada mikroekspresi dari mimik mantan Panglima TNI itu. Dia menyoroti wajah Gatot yang tampak pada menit 1 detik 52 di video viral itu.

"Kelihatan, sebetulnya beliau ini lagi mangkel, marah," kata Handoko kepada detikcom, Selasa (29/9/2020).

Dia melihat dagu Gatot naik, bibir sebelah kiri naik tertarik ke belakang, dan pipi kiri terangkat. Maka terbentuklah wajah yang disimpulkan Handoko sebagai mikroekspresi marah.

"Itu adalah ekspresi alam bawah sadar manusia yang berisi emosi asli ketika momen tersebut. Mikroekspresi berisi emosi yang tidak diungkapkan secara verbal, tidak disuarakan, dan tidak diperlihatkan dalam ekspresi makro," kata Handoko.

Simak video 'Acara KAMI di Surabaya Dapat Penolakan, DPR: Semua Harus Tahan Diri':

[Gambas:Video 20detik]



Selanjutnya
Halaman
1 2