Djoko Tjandra-Anita Pakai Baju Tahanan, Brigjen Prasetijo Berseragam Polisi

Kadek Melda Luxiana - detikNews
Senin, 28 Sep 2020 16:13 WIB
Kasus surat jalan Djoko Tjandra segera disidangkan. Saat ini jaksa tengah menyusun surat dakwaan untuk perkara itu.
Foto: Tersangka kasus suap Djoko Tjandra, Brigjen Prasetijo Utomo diserahkan ke Kejari Jaktim (Agung Pambudhy/detikcom)
Jakarta -

Bareskrim Polri telah melakukan pelimpahan tahap II kasus surat jalan palsu Djoko Tjandra siang tadi. Berkas perkara, barang bukti serta ketiga tersangka yakni Djoko Tjandra, Anita Kolopaking dan Brigjen Prasetijo Utomo diserahkan ke Kejaksaan Negeri (Kejari) Jakarta Timur (Jaktim).

Ketiga tersangka keluar dari loby Bareskrim dipimpin Direktur Tindak Pidana Umum (Dirtipidum) Bareskrim Polri Brigjen Pol Ferdy Sambo. Tangan ketiga tersangka terlihat tidak diborgol.

"Ada 66 Jenis BB (barang bukti) kasus surat palsu dari 3 tersangka. BB yang diserahkan ke Jaksa ,1 buah paspor Joko Soegiarto Tjandra ,14 buah HP 2 komputer dan 1 laptop. 2 buah buku, 39 buah dokumen,18 buah BAP BB digital," papar Ferdy di Mabes Polri, Jalan Trunojoyo, Jakarta Selatan, Senin (28/9/2020).

Pantauan detikcom, Djoko Tjandra dan Anita nampak mengenakan baju tahanan berwarna orange dan juga masker. Sedangkan Brigjen Prasetijo Utomo mengenakan baju seragam Pakaian Dinas Lapangan (PDL) cokelat serta masker biru.

Baik Anita, Djoko Tjandra dan Brigjen Prasetijo langsung digiring menuju mobil yang sudah terparkir. Ketiganya masuk ke mobil yang berbeda.

Djoko Tjandra masuk ke mobil Serena putih, Anita Kolopaking masuk ke mobil Terios putih, sedangkan BJP Prasetijo masuk ke mobil dinas milik Provos.

Sebelumnya, pada Jumat (25/9) Bareskrim Polri menyampaikan, berkas perkara kasus surat jalan palsu Joko Sugiarto Tjandra alias Djoko Tjandra sudah dinyatakan lengkap oleh jaksa penuntut umum (JPU). Tahap II pelimpahan berkas, barang bukti, dan tersangka ke Kejaksaan akan dilakukan Senin depan.

"Dalam kasus surat palsu dengan tersangka BJP PU, Anita Kolopaking dan Joko Chandra, sudah dinyatakan lengkap oleh JPU," kata Direktur Tindak Pidana Umum (Dirtipidum) Brigjen Ferdy Sambo saat dimintai konfirmasi.

Kasus surat jalan Djoko Tjandra segera disidangkan. Saat ini jaksa tengah menyusun surat dakwaan untuk perkara itu.Kasus surat jalan Djoko Tjandra segera disidangkan. Saat ini jaksa tengah menyusun surat dakwaan untuk perkara itu (Agung Pambudhy/detikcom)

Irjen Napoleon Jawab Tudingan Terima Suap Bersama Brigjen Prasetyo:

[Gambas:Video 20detik]



(aud/aud)