Jaksa Susun Dakwaan Kasus Surat Jalan Djoko Tjandra, Disidang di PN Jaktim

Wilda Nufus - detikNews
Senin, 28 Sep 2020 15:02 WIB
Djoko Tjandra.
Djoko Tjandra (Foto: Wilda/detikcom)
Jakarta -

Kasus surat jalan Djoko Tjandra segera disidangkan. Saat ini jaksa tengah menyusun surat dakwaan untuk perkara itu.

"Iya (sedang disusun dakwaan)," kata Kasi Pidsus Kejaksaan Negeri (Kejari) Jakarta Timur (Jaktim), Milono melalui pesan singkat kepada detikcom, Senin (28/9/2020).

Milono mengatakan penyusunan dakwaan ini berkisar 20 hari, terhitung sejak berkas perkara tersebut diterima. Namun, kata Milono, penyusunan dakwaan ini bisa saja diperpanjang sesuai dengan izin dari pimpinan.

"Maksimal 20 hari, bisa diperpanjang dengan izin ketua PN," ujarnya.

Milono menuturkan ketiga tersangka yakni Djoko Tjandra, Anita Kolopaking dan Brigjen Prasetijo Utomo akan menjalani sidang di Pengadilan Negeri (PN) Jakarta Timur. Sementara itu, Milono menyebut penahanan para tersangka tidak dipindahkan.

"Iya (disidangkan di Pengadilan Negeri Jakarta Timur). JST dititipkan Salemba, ADK dititip di Mabes," ucapnya.

Diketahui, Bareskrim Polri melakukan pelimpahan tahap II berkas dan tersangka kasus surat jalan palsu Djoko Tjandra. Berkas perkara dan ketiga tersangka yakni Djoko Tjandra, Anita Kolopaking, dan Brigjen Prasetijo Utomo dilimpahkan ke Kejari Jaktim.

"Jam 10.30 WIB, Ya ( 3 tersangka, Djoko Tjandra, Anita Kolopaking, Brigjen Pol Prasetijo Utomo dilimpahkan ke Kejari Jaktim)," kata Direktur Tindak Pidana Umum (Dirtipidum) Brigjen Ferdy Sambo saat dimintai konfirmasi, Senin (28/9).

Ferdy menuturkan, ada 66 barang bukti yang akan dilimpahkan dari ketiga tersangka. Namun Ferdy tidak merinci secara detail apa saja barang bukti yang akan diserahkan.

"Ada 66 jenis BB (barang bukti) kasus surat palsu dari 3 tersangka," tuturnya

(knv/knv)