Tiga SD di Cilegon Kekurangan Siswa, Pemkot Ungkap Penyebabnya

M Iqbal - detikNews
Senin, 28 Sep 2020 14:34 WIB
Pemkot Cilegon mengungkap ada tiga SD yang mengalami kekurangan siswa.
Foto: Tiga SD di Cilegon kekurangan siswa (M Iqbal/detikcom)
Cilegon -

Sebanyak tiga sekolah dasar (SD) negeri di Cilegon, Banten, mengalami kekurangan siswa. Pemerintah Kota (Pemkot) Cilegon mengungkap penyebab kekurangan siswa tiga SD ini.

Kepala Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Cilegon, Ismatullah, mengatakan tiga SD yang jumlah siswanya turun yakni SDN Masigit 3, SDN Kedaung Dalem 1, dan SDN Kubanglesung. Ismat menyebutkan penyebab eksternal mengapa tiga SD tersebut mengalami kekurangan siswa.

"Tiga sekolah (kekurangan murid), sifatnya buka kekurangan murid, tapi PPDB-nya yang diterima menurun dari seperti biasanya. Di sisi lain, sekolah swasta atau negeri lain semakin baik kualitasnya, masyarakat semakin bebas menentukan pilihannya. Karena itu programnya semua sekolah akan kita bina berdasarkan kelebihan dan kekurangannya," kata Ismat kepada wartawan, Senin (28/9/2020).

Tak hanya penyebab faktor eksternal, ada juga faktor internal. Menurut Ismat, faktor internalnya terletak pada pengelolaan manajemen sekolah dan adanya kepala sekolah tak menunjukkan prestasi baik.

"Penyebabnya setelah diteliti, manajemen kurang baik, adanya kepala sekolah yang sebelumnya tidak menunjukkan prestasi terbaik," ujarnya.

Pemkot Cilegon mengungkap ada tiga SD yang mengalami kekurangan siswa.Foto: Pemkot Cilegon mengungkap ada tiga SD yang mengalami kekurangan siswa. (M Iqbal/detikcom)

Guna memperbaiki jumlah siswa yang kurang itu, Ismat akan membimbing para kepala sekolah untuk memperbaiki manajemen dan fasilitas sekolah agar tak kalah saing dengan swasta.

"Sekarang kita optimalkan dengan beberapa inovasi dan perbaikan manajemen pengelolaan," kata dia.

(rfs/rfs)