Umroh Bakal Dibuka Bertahap, Jamaah Diizinkan Umroh Selama 3 Jam

Puti Yasmin - detikNews
Minggu, 27 Sep 2020 19:18 WIB
Beginilah potret Kakbah dan Masjidil Haram sambut jamaah haji yang kembali dibuka saat pandemi COVID-19. Ini potretnya.
Foto: AP/Pool/Umroh Bakal Dibuka Bertahap, Jamaah Diizinkan Umroh Selama 3 Jam
Jakarta -

Pemerintah Arab Saudi akan membuka umroh secara bertahap mulai 4 Oktober mendatang. Dalam rencana itu, para jamaah hanya akan diizinkan melaksanakan umroh selama 3 jam.

Dikutip dari Arab News, akan ada 6.000 jamaah yang akan melaksanakan umroh di fase pertama. Para jamaah akan dibagi menjadi kelompok berisi 1.000 orang yang bisa melaksanakan umroh di waktu yang berbeda-beda.

Adapun, setiap harinya akan ada enam jadwal yang berbeda-beda. Per kelompok pun akan diberi waktu tiga jam untuk melaksanakan umroh dimulai dan diakhiri dari area triase di sekitar Mekkah.

"Tahap pertama dijadwalkan dimulai pada 4 Oktober dan akan dioperasikan melalui aplikasi I'tamarna," tulis informasi tersebut.

Sementara itu, akan tiga fase pembukaan umroh. Fase pertama hanya diperbolehkan bagi orang lokal dan ekspatriat yang tinggal di Arab Saudi.

Fase kedua, jumlah kuota akan ditingkatkan menjadi 15 ribu jamaah pada tanggal 18 Oktober 2020. Terakhir di fase ketiga umroh akan dilaksanakan pada 1 November 2020 dengan kapasitas jamaah sebanyak 20 ribu orang.

(pay/erd)