Gatot dan Isu Film G30S/PKI

A ke Z Film Pengkhianatan G30S/PKI

Danu Damarjati - detikNews
Sabtu, 26 Sep 2020 13:09 WIB
Film G30S/PKI
Foto: Film G30S/PKI (ist.)
Jakarta -

Film Pengkhianatan G30S/PKI selalu dibahas setiap September tiba. Kini film ini ramai oleh isu yang diembuskan mantan Panglima TNI Jenderal (Purn) Gatot Nurmantyo. Ini adalah data singkat soal film tersebut.

Baru di tahun ini, Gatot Nurmantyo menghubungkan pencopotan dirinya dari jabatan Panglima TNI pada 2017 dengan instruksi yang dia keluarkan untuk TNI, yakni menonton bareng film G30S/PKI. Pernyataan Gatot ditepis anggota DPR dari PDIP TB Hasanuddin dan politikus partai pendukung Presiden Joko Widodo (Jokowi) lainnya.

Terlepas dari kontroversi soal pernyataan Gatot, film garapan sutradara Arifin C Noer ini adalah film yang sarat kepentingan penguasa Orde Baru. Ini adalah film propaganda pesanan pemerintahan Presiden Soeharto.

"Sekarang kalau ditanya film itu pesanan, iya, itu film pesanan. Semua film juga pesanan, pesanan produser," kata istri Arifin C Noer, Jajang C Noer, dalam wawancara dengan Ibad Durohman dan Syailendra Hafiz Wiratama dari detikX, 28 September 2017.

Film itu diproduksi oleh Perum Produksi Film Nasional (PPFN). Berikut adalah keterangan film Pengkhianatan G30S/PKI, dari A ke Z:

Selanjutnya
Halaman
1 2