Ketua DPRD DKI Rapat dengan Kapolda-Pangdam Jaya Bahas Raperda COVID-19

Muhammad Ilman Nafian - detikNews
Jumat, 25 Sep 2020 00:00 WIB
Ketua DPRD DKI Prasetio Edi Marsudi rapat bersama Kapolda Metro Jaya Irjen Nana Sudjana dan Pangdam Jaya Mayjen TNI Dudung Abdurachman membahas Reperda Penanganan COVID-19
Ketua DPRD DKI Prasetio Edi Marsudi rapat bersama Kapolda Metro Jaya Irjen Nana Sudjana dan Pangdam Jaya Mayjen TNI Dudung Abdurachman membahas Reperda Penanganan COVID-19 (Foto: dok. Istimewa)
Jakarta -

Ketua DPRD DKI Prasetyo Edi Marsudi menggelar pertemuan dengan Kapolda Metro Jaya Irjen Nana Sudjana dan Pangdam Jaya Mayjen TNI Dudung Abdurachman. Pertemuan itu bertujuan untuk koordinasi mengenai Raperda Penanganan COVID-19 yang saat ini tengah dibahas DPRD DKI.

"Jadi ini bentuk persiapan. Sebelum Perda Penanggulangan COVID-19 saya sahkan, perlu saya koordinasikan penegakan aturan-aturannya," kata Prasetyo melalui keterangan tertulisnya, Kamis (24/9/2020).

Presetyo berbicara terkait sikap masyarakat yang menurutnya masih menganggap enteng terkait protokol kesehatan. Dia menyebut sikap masyarakat yang kian memburuk semakin harinya.

Menurut dia, perlu adanya implementasi yang kuat jika Perda itu disahkan nantinya. Untuk itu lah, dia mengundang Kapolda dan Pangdam Jaya untuk membahasnya bersama.

"Kenyataanya ketika diberikan pemahaman dan edukasi buka makin membaik, tapi makin buruk Jakarta. Karena itu kita butuh aturan dan implementasi yang kuat dari aturan tersebut. Itulah mengapa saya berkoordinasi dengan Bapak Kapolda dan Pangdam hari ini," ujarnya.

Sebelumnya, Pemprov DKI Jakarta bersama dengan DPRD DKI sedang membahas Raperda penanganan COVID-19. Pihak eksekutif telah menyampaikan usulan Raperda tersebut di rapat paripurna DPRD DKI Jakarta.

Seperti diketahui, saat ini penanganan Corona di Jakarta memiliki payung hukum peraturan gubernur (pergub). Saat ini, pergub yang dijalankan adalah Pergub Nomor 88 Tahun 2020 tentang Pelaksanaan PSBB dan Penanganan COVID, dan Pergub Nomor 79 Tahun 2020 tentang Penerapan Disiplin dan Penegakan Hukum Protokol Kesehatan.

(man/eva)