Berlapis, Tersangka Viral di Soetta Juga Dibidik Pasal Pencabulan

Tim detikcom - detikNews
Kamis, 24 Sep 2020 16:45 WIB
poster
Ilustrasi pelecehan seksual (Edi Wahyono/detikcom)
Tangerang -

Polisi menjerat EF dengan pasal berlapis dalam kasus viral pelecehan seksual di Bandara Soekarno-Hatta. Selain dijerat pasal penipuan, oknum tenaga kesehatan itu dipastikan akan dijerat dengan pasal pencabulan.

"(Pasal yang dikenakan ke tersangka) pelecehan di (Pasal) 289 dan/atau (Pasal) 294," kata Kasat Reskrim Polres Bandara Soekarno-Hatta AKP Alexander Yurikho kepada detikcom, Kamis (24/9/2020).

Selain itu, EF dijerat dengan pasal pemerasan.

"Dan/atau pemerasan di (Pasal) 368 KUHP dan/atau (Pasal) 378 KUHP di penipuan," imbuh Yurikho.

Pasal 289 KUHP berbunyi:

"Barangsiapa dengan kekerasan atau ancaman kekerasan memaksa seseorang melakukan atau membiarkan dilakukannya perbuatan cabul, dihukum karena melakukan perbuatan yang menyerang kehormatan kesusilaan dengan pidana selama-selamanya sembilan tahun."

Pasal 294 mengatur mengenai perbuatan cabul. Pasal 294 ayat (1) mengatur perbuatan cabul terhadap anak, sedangkan pada Pasal 294 ayat (2) mengatur perbuatan cabul di lingkungan kerja.

Sebelumnya, Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Yusri Yunus menyampaikan tersangka EF dijerat dengan pasal penipuan. EF menipu korban dengan menyatakan hasil rapid test korban reaktif agar mendapatkan uang.

Yusri mengatakan pelaku disangkakan Pasal 378 KUHP tentang penipuan. Terkait unsur dugaan pelecehan yang dialami korban, polisi masih melakukan pendalaman. Bila ditemukan bukti-bukti, pelaku EF akan dijerat Pasal 294 KUHP.

"Ini masih kita dalami nanti, ada beberapa pasal. Karena memang ada CCTV kita temukan, mudah-mudahan masuk unsur. Karena memang menurut keterangan daripada korban bilang ada pelecehan. CCTV yang kita dapatkan pada saat itu memang betul, CCTV pada saat itu sedang berdua dalam kondisi dekat. Kita masih mendalami terus keterangan saksi yang ada," ujar Yusri di Polda Metro Jaya, Kamis (24/9/2020).

(mei/fjp)