Hari Tani, Kelompok Massa Demo di Depan DPR Bawa Orang-orangan Sawah

Luqman Nurhadi Arunanta - detikNews
Kamis, 24 Sep 2020 10:25 WIB
Orang-orangan sawah ikut kelompok tani demo di depan Gedung DPR
Foto: Orang-orangan sawah ikut kelompok tani demo di depan Gedung DPR. (Luqman/detikcom).
Jakarta -

Sejumlah elemen dari aktivis hingga mahasiswa melakukan aksi demo dalam rangka Hari Tani Nasional. Puluhan orang-orangan sawah dipasang di depan gedung DPR RI, Jakarta.

Pantauan detikcom di lokasi, Jl Gatot Subroto, Jakarta, Kamis (24/9/2020), massa mulai memasang orang-orangan sawah pukul 09.30 WIB. Puluhan orang-orangan sawah dengan pakaian layaknya petani itu dipasang berjajar di depan gerbang masuk Kompleks Parlemen.

Massa dari Komite Nasional Pembaruan Agraria (KNPA) dan Gerakan Mahasiswa Nasional Indonesia (GMNI) tampak memasang spanduk di gerbang DPR. Mereka meminta jangan ada klaster tani saat pandemi virus Corona (COVID-19) ini.

"Jangan buat klaster tani!" demikian tulisan spanduk.

Massa KNPA juga memasang spanduk berukuran besar yang menyerukan petani menolak Omnibus Law. "Gedung ini kami reklaiming karena tidak digunakan untuk kepentingan rakyat! Petani tolak Omnibus Law! Jalankan reformasi agraria sejati," begitu bunyi tuntutan massa.

Polisi tampak berjaga di depan gedung DPR. Melalui pengeras suara, polisi meminta massa membatasi orang yang berunjuk rasa.

"Tolong untuk massa setelah memasang orang-orangan sawah segera kembali ke mobil. Di depan hanya maksimal 6 orang saja. Tolong jaga jarak," kata polisi melalui pengeras suara.

Sementara itu, situasi lalu lintas Jalan Gatot Subroto menuju Slipi lancar. Belum ada rekayasa lalu lintas akibat aksi demo tersebut.

Simak juga video 'Massa Rusak Fasilitas Publik di Kendari, Polisi Turun Tangan':

[Gambas:Video 20detik]



(elz/ear)