Mantan Sekda Provinsi Akan Lawan Eks Wali Kota Palu di Pilgub Sulteng 2020

Mohammad Qadri - detikNews
Kamis, 24 Sep 2020 00:18 WIB
Penetapan paslon di Pilgub Sulteng 2020
Penetapan paslon di Pilgub Sulteng 2020. (Qadri/detikcom)
Palu -

KPU Sulawesi Tengah (Sulteng) telah menetapkan dua pasangan calon (Paslon) Gubernur Sulteng di Pilkada Serentak 2020. Mantan Sekretaris Daerah Provinsi (Sekdaprov) Sulteng Hidayat Lamakarate akan melawan mantan Wali Kota Palu dua periode, Rusdi Mastura.

Ketua KPU Sulteng, Tanwir Lamaming, mengatakan penetapan tersebut tertuang dalam Keputusan KPU Sulteng Nomor: 402/PL.02.3-Kpt/72/Prov/IX/2020. Dalam keputusan itu menjelaskan bahwa telah menetapkan Rusdy Mastura-Ma'mun Amir dan Mohamad Hidayat Lamakarate-Bartholomeus Tandigala, sebagai kandidat Gubernur dan wakil Gubernur Sulteng pada Pilkada 2020.

"Dari hasil verifikasi dokumen dari kedua Paslon, semuanya dinyatakan memenuhi syarat. Kini untuk pengundian nomor urut paslon, akan dilakukan besok," ucap Tanwir kepada wartawan, Rabu (23/9/2020).

Penetapan kedua paslon di Pilgub Sulteng merupakan hasil kesepakatan dari rapat pleno tertutup yang digelar KPU Sulteng pada Rabu (23/9) siang di Kantor KPU Sulteng, Jalan S Parman, Besusu Tengah, Palu, Sulteng. Menurut Tanwir, pengundian nomor urut akan dilakukan dengan membatasi undangan serta menerapkan protokol kesehatan yang ketat.

Perlu diketahui, bahwa pasangan Hidayat-Bartholomeus sebelumnya adalah aparatur sipil negara (ASN) yang duduki jabatan Sekdaprov dan Kepala BPBD Sulteng. Pasangan tersebut diusung Partai Gerinda dan PDI Perjuangan dengan jumlah 12 kursi serta mendapatkan dukungan partai nonkursi, yaitu Beringin Karya.

Sementara itu, pasangan Rusdi-Ma'mun mendapatkan dukungan 33 kursi dari ketentuan pencalonan 9 kursi. Dengan jumlah pengusung ada 10 partai politik, yaitu NasDem 7 kursi, PKS 4 kursi, PKB 4 kursi, Hanura 2 kursi, Perindo 2 kursi, Golkar 7 kursi, PAN 2, kursi, PPP 1 kursi, dan Partai Demokrat 4 kursi, serta Partai Garuda (non kursi). Yang mana Rusdi Mastura merupakan Eks Walikota Palu 2 periode, yaitu periode tahun 2005-2010 dan 2010-2015.

(fas/fas)