Cerita Bripka Reza Sisihkan Gaji demi Bangun Rumah Penderita Tumor

Agus Setyadi - detikNews
Rabu, 23 Sep 2020 18:07 WIB
Kisah inspiratif Bripka M Reza bantu penderita tumor di Aceh bangun rumah.
Rumah penderita tumor setelah diperbaiki. (Foto: dok. Istimewa)
Simeulue -

Ada kisah inspiratif dari seorang polisi di Polsek Teupah Selatan, Simeulue, Aceh, Bripka M Reza. Dia menyisihkan gajinya untuk membangun rumah warga miskin penderita tumor.

Pembangunan rumah untuk Mita Tri Mayana (30), warga Desa Pasir Tinggi, Teupah Selatan, dimulai sejak Agustus 2020. Mita dan suami beserta tiga anaknya sebelumnya menempati rumah tidak layak huni.

Rumah Mita awalnya terbuat dari kayu lapuk dengan dinding seadanya dan atap bocor. Ketika malam hari, Mita dan keluarga tidur di lantai. Rumah Mita juga tidak tersambung aliran listrik.

Mita menderita tumor di perutnya sejak tiga tahun lalu. Suami Mita yang bekerja serabutan tidak memiliki cukup uang untuk membedah rumah serta mengobati penyakit istrinya.

"Hati saya tergugah untuk mencoba berusaha membantu keluarga Ibu Mita. Saya menyisihkan gaji dengan menabung untuk berbagi kepada warga kurang mampu dan itu cita-cita saya dari dulu kepingin membantu warga kurang mampu," kata Reza kepada wartawan, Rabu (23/9/2020).

Keinginan Bhabinkamtibmas Polsek Teupah Selatan ini pun mulai terwujud pada Agustus 2020. Peletakan baru pertama pembangunan rumah Mita dilakukan Kapolres Simeulue AKBP Agung Surya Prabowo dan dihadiri unsur Muspika setempat.

Rumah yang dibangun Reza hampir selesai. Dia berkeinginan peresmian rumah itu dilakukan Kapolda Aceh Irjen Wahyu Widada.

"Saya sangat berharap Bapak Kapolda Aceh untuk datang kemari, ke Pulau Simeulue untuk meresmikan dan pemberian kunci kepada keluarga Ibu Mita, itu suatu kebanggaan dan harapan bagi kami," ujar Reza.

Kisah inspiratif Bripka M Reza bantu penderita tumor di Aceh bangun rumah.Rumah keluarga Mita sebelum diperbaiki. (dok. Istimewa)

Reza mengaku niat baiknya untuk membangun rumah warga kurang mampu didukung sang istri.

"Alhamdulillah istri saya sangat mendukung, begitu juga bapak Kapolres dan Kapolsek beserta seluruh personel memberikan semangat untuk saya," jelas Reza.

Kapolres Simeulue AKBP Agung juga memuji kepedulian Reza. Dia mengaku bakal memberikan penghargaan untuk Reza.

"Kami bangga yang dilakukan Bhabinkamtibmas, Bripka M Reza ini. Yang selalu peduli kepada masyarakat kurang mampu, menyisihkan gajinya membangun dan mendirikan rumah layak huni, untuk keluarga miskin. Kami akan upayakan apresiasi dan penghargaan kepada beliau nantinya," kata Agung.

(agse/haf)